Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Pemko Payakumbuh Tanda Tangani MoU Dengan STTP

PAYAKUMBUH — Demi meningkatkan kualitas pendidikan, Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh menandatangani kerjasama bidang pendidikan, penelitian dan pengembangan, pengabdian kepada masyarakat serta peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia dengan Sekolah Tinggi Teknologi Payakumbuh (STTP) di Aula Randang Balai Kota Payakumbuh, Kamis (3/2/22).

Dalam penandatanganan kerja sama tersebut Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi didampingi oleh Sekretaris Daerah Rida Ananda, Asisten I Dafrul Pasi, Staf Ahli Elfriza Zaharman serta dihadiri oleh Ketua STTP Astuti Masdar beserta jajaran dan Kepala OPD terkait.

Dalam sambutannya Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi mengatakan
STTP merupakan sekolah tinggi yang dirintis oleh pendahulunya mantan Wali kota Payakumbuh Josrizal Zein, atas apa yang dilaksanakan sebelumnya sangat baik untuk terus dilakukan agar Payakumbuh maju dan terdepan di ranah pendidikan.

“Kerja sama ini merupakan sebuah langkah yang sangat baik untuk terus kita perjuangkan agar Payakumbuh maju dan terdepan di ranah pendidikan,” ucap Riza

Menurut Riza, keberadaan sekolah teknik sangatlah penting karna kedepannya perkembangan jaman akan mengutamakan para-para akademisi yang memiliki kemampuan teknik yang mumpuni.

“Dan untuk para lulusan teknik nantinya memiliki peluang yang sangat bagus dalam memasuki dunia pekerjaan,” kata Wali Kota dua periode itu.

Disampikan Riza, jika dilihat dalam perspektif kacamata dunia pendidikan yang mengacu kepada syarat pertumbuhan kota yang baik, maka suatu kota dapat dianggap maju dan berkembang dengan salah satunya telah berdirinya pusat-pusat excellent center seperti tempat sekolah dan perguruan tinggi.

“Dalam perkembangan sebuah kota kita dapat bicara soal aksesbiliti, dimana sebuah daerah yang berkembang ini haruslah mudah dan gampang untuk diakses. Dan ini tentu membutuhkan para akademisi handal yang merupakan jebolan dari sekolah teknik yang salah satunya seperti STTP ini,” ungkap Riza.

Dan orang nomor satu di kota Payakumbuh itu mengatakan jika kedepannya ia akan terus memperjuangkan untuk bagaimana STTP dapat menjadi sekolah tinggi yang maju dan terdepan, serta juga akan turut membawa industri yang ada untuk dapat menjalin kerjasama dengan STTP ,” terang Riza.

Sementara itu, Ketua STTP Astuti Masdar mengatakan dengan kerjasama ini pihaknya siap untuk bergandeng tangan dengan pemerintah kota Payakumbuh untuk menjalankan program-program untuk memajukan dunia pendidikan.

Ditambahkannya, STTP adalah perguruan tinggi yang berdiri tahun 2005. STTP merupakan perguruan tinggi yang program studinya berbeda dengan perguruan tinggi swasta lainnya.

“Perguruan tinggi swasta jarang yang mau bukak jurusan teknik karena jurusan teknik budgetnya besar. Dari awal berdirinya kami praktikum bekerjasama dengan SMK 2 Payakumbuh. Dalam perjalan kami terus berkembang dan akhirnya kami bisa memiliki labor praktikum sendri. Tidak hanya itu, untuk mahasiswa yang tidak mampu kami selalu berkoordinasi untuk mendapatkan beasiswa bidik misi,” Ujarnya

Astuti mengungkapkan bahwa STTP merupakan sekolah tinggi yang lahir langsung dari Pemko Payakumbuh yang sangat peduli akan perkembangan pendidikan di kota Payakumbuh.

“Trimakasih atas perhatian dari bapak Wali Kota yang telah turut memperjuangkan dalam perkembangan dan kemajuan dari STTP ini, baik itu secara materil maupun inmateril sehingga STTP berada sampai di titik yang belum tentu bisa dicapai oleh sekolah tinggi lainnya,” ucap Astuti.

Menurut Astuti, jika bicara tentang pendidikan, di jaman sekarang tidak hanya saja tentang kualitas, karna kualitas harus sejalan dengan kuantitas, dan hal ini telah dibuktikan STTP dalam menjalankan roda pendidikan pada tingkat sekolah tinggi di kota Payakumbuh.

Untuk kedepannya, Astuti berharap dengan terus di dukung penuh oleh Pemko Payakumbuh, STTP dapat menjadi sekolah tinggi acuan dalam menimba ilmu pendidikan teknik di kota Payakumbuh.

“Dan sesuai harapan Pak Wali Kota STTP akan memberikan pendidikan yang berkualitas untuk menghadirkan nilai tambah baru di Payakumbuh,” pungkasnya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*