Tingkatkan Mutu Pendidikan, Pemko Undang Prof. Dr. Fasli Jalal Ph.D

Padangpanjang—Sebagai kota kecil yang merupakan salah daerah tujuan pendidikan di Sumbar, Pemerintah Kota (Pemko) Padangpanjang menggelar dialog pendidikan bersama Prof. Dr. Fasli Jalal Ph.D di Rumah Dinas Walikota Padangpanjang, Minggu (20/1).

Walikota Padangpanjang Fadly Amran, BBA membuka secara resmi dialog tersebut mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan mampu memberikan pemahaman serta meng-upgrade kebiasaan baik dalam bidang teknologi, peradaban dan lainnya.

“Apabila kita tidak menggunakan metode yang update, tentu tidak akan bisa bersaing dengan sekolah lain baik di Sumbar ataupun diluar Sumbar,” jelas Fadly.

Menyikapi hal tersebut, Wako Fadly berharap tidak hanya membangun mentalitas anak didik, namun juga dapat menanamkan tekat dan cita-cata pendidikan agar dapat mencapai tujuan pendidikan itu sendiri. Para pendidik sangat memiliki peran penting dalam hal tercapainya tujuan pendidikan itu sendiri.

“Jika ingin anak kita juara, sebelum itu kita pun harus ikut juara. Jika unsur pendidikan bertepuk sebelah tangan, tentu tidak akan membuahkan hasil yang diharapkan tersebut,” ucap Wako Fadly.

Hingga saat ini dikatakan Wako Fadly, regulasi program sisitem pendidikan nasional (sisdiknas) telah banyak melahirkan meotde-metode pendidikan. Di sini menjadi tantangan para pendidik, yakni kebijakan dalam memilih metode yang.

“Namun yang harus diperhatikan adalah bagaimana komitmen pendidik untuk melakukan metode yang tepat serta memiliki kebijakan. Pilih metode yang tepat dan  ikuti kebijakannya,” pungkas Fadly.

Sementara itu, Fasli Jalal mengatakan Padangpanjang memiliki sejarah yang sangat gemilang tentang dunia pendidikan dan berkontribusi terhadap kemajuan pendidikan di Indonesia.

“Tantangan di dunia pendidikan Indonesia adalah bagaimana meningkatkan kualitas dan daya saing,” ujarnya.

Melalui dialog tersebut dikatakan Fasli, kepala sekolah dan guru dapat sharing berbagi pendapat berkaitan dengan hal-hal yang menjadi prioritas peningkatan mutu pendidikan. Di antaranya pemberdayaan dan peningkatan mutu guru dalam mengelola proses belajar mengajar dan manajemen sekolah.

“Dalam dialog ini, kita akan membahas tentang penjabaran 8 standar nasional pendidikan yang nantinya akan dikaitkan dengan kebutuhan di Kota Padangpanjang,” jelasnya.

Sementara pada kesempatan itu, turut hadir Kepala BAPPEDA Sonny Budaya Putra, AP, M.Si, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Dr. Desmon, M.Pd, Kepala Dinas Kesehatan Nuryanuwar, A.Pt, MM, M.Kes, Sekretaris Dinas Pendidikan Drs. Afrizal,M.Pd serta jajaran guru dari TK hingga SMP. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas