Tiongkok Pasti Akan Bawa Pulang Dua Gelar

downloadKuala Lumpur, PADANGTODAY.COM-Tiongkok sudah pasti akan membawa pulang dua gelar dari Malaysia Terbuka yang berlangsung di Putra Stadium, Bukit Jalil. Pada laga final, Minggu (5/4/2015), mereka berhasil meloloskan masing-masing dua wakil di nomor tunggal putra dan ganda campuran.

Advertisements

Tunggal putra nomor satu dunia, Chen Long, akan menghadapi seniornya yang merupakan salah satu pemain terbaik sepanjang masa, Lin Dan. Chen Long lolos ke final setelah menyingkirkan pemain Tiongkok lainnya, Wang Zhengming, 21-18, 21-16, Sabtu (4/4/2015).

Sementara Lin Dan harus berjuang selama 1 jam 19 menit untuk memastikan kemennagan saat bertemu unggulan kedua asal Denmark, Jan O Jorgensen. Lin Dan menang 14-21, 21-19, 21-17.

Chen Long dan Lin Dan punya sejarah pertemuan yang cukup panjang. Keduanya sudah bertemu delapan kali dengan Lin Dan sementara memimpin dengan rekor kemenangan 7-1.

Satu-satunya kemenangan Chen Long didapat saat keduanya bertemu di semifinal All England awal Maret lalu. Ketika itu Chen Long menang dengan angka meyakinkan, 21-13, 21-12.

Final sesama Tiongkok juga terjadi di ganda campuran. Dua pasangan senior sekaligus tangguh, Zhang Nan/Zhao Yunlei dan Xu Chen/Ma Jin, akan berebut gelar juara.

Di atas kertas, Zhang/Zhao yang saat ini merupakan pasangan nomor satu dunia memang lebih diunggulkan. Dalam rekor pertemuan, unggulan pertama tersebut memimpin dengan 18-2. Dua kemenangan Xu/Ma didapat pada 2011.

Tiongkok punya dua wakil lainnya di final, satu di tunggal putri dan satu lagi di ganda putri. Li Xuerui yang pekan lalu kehilangan posisi sebagai pemain nomor satu dunia akan bertemu Carolina Marin dari Spanyol.

Laga final ini akan jadi pertemuan kelima keduanya dengan rekor pertemuan 3-1 untuk Li. Marin baru sekali mengalahkan Li, saat keduanya bertemu pada final Kejuaraan Dunia 2014.

Di ganda putri, Tiongkok diwakili Luo Ying/Luo Yu. Unggulan ketiga tersebut akan bersaing dangan wakil Korea Selatan, Chang Ye-na/Jung Kyung-eun.

Satu-satunya nomor final di mana tidak ada wakil Tiongkok adalah ganda putra. Unggulan pertama asal Korea, Lee Yong-dae/Yoo Yeon-seong, akan menghadapi satu-satunya wakil Indonesia yang lolos ke partai puncak, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Kedua pasangan ini sudah pernah tujuh kali saling berhadapan dengan rekor 5-2 untuk keunggulan Lee/Yoo.

(tournament software/mms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*