Tips Atasi Bau Mulut Saat Puasa

cara-menghilangkan-bau-mulut-saat-berpuasaPADANGTODAY.com – Salah satu kendala kesehatan yang paling umum terjadi ketika bulan puasa adalah bau mulut. Kondisi ini tentu saja sangat mengganggu tingkat kepercayaan diri Anda. Anda jadi tidak bisa berkomunikasi dengan nyaman karena bau mulut.

Advertisements

Bau mulut di bulan puasa terjadi karena selama lebih dari 12 jam Anda tidak mengonsumsi apapun. Sehingga produksi air liur berkurang yang mengakibatkan bakteri di dalam mulut berkembang dan berakhir dengan bau mulut.

Berikut adalah cara mudah mengusir bau mulut di bulan puasa seperti dilansir dari livescience.com.

Menggosok gigi
Menggosok gigi adalah cara yang paling mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengusir bau mulut. Sebab dengan menggosok gigi Anda bisa menghilangkan bakteri penyebab bau mulut.

Membersihkan lidah
Lidah bisa menjadi sarang bakteri yang menyebabkan bau mulut. Oleh karena itu jangan lupa untuk selalu membersihkan lidah saat menggosok gigi. Anda bisa menggunakan sendok untuk membersihkan lapisan putih di lidah.

Berkumur dengan obat kumur
Sempurnakan kegiatan pembersihan mulut dengan berkumur dengan mouthwash. Sebab mouthwash mampu menjangkau lipatan-lipatan tempat kuman bersembunyi yang tidak bisa dijangkau dengan sikat gigi.

Makan apel atau buah beri saat berbuka dan sahur
Makanan yang Anda konsumsi turut menjadi penyebab bau mulut. Oleh karena itu konsumsilah banyak buah seperti apel, buah beri, atau jeruk saat sahur dan berbuka. Dengan mengonsumsi makanan ini, produksi air liur Anda akan bertambah sehingga Anda dapat terbebas dari bau mulut. Selain itu kandungan vitamin C di dalam buah jeruk juga dapat menghindarkan Anda dari sariawan atau infeksi mulut lainnya yang bisa menyebabkan bau mulut.

Jangan sampai bau mulut di bulan puasa membuat Anda senantiasa mengunci mulut Anda rapat-rapat. Oleh karenanya, ikuti tips di atas agar bau napas selalu segar saat berpuasa.

(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*