Tips Bikin Bulan Coklat Renyah Dengan Isi Cream Yang Manis

pralinecoverluarPADANGTODAY.com – Inilah kue bulan cokelat dengan variasi terbaru, Saat digigit, bagian luarnya yang renyah retak dan mengeluarkan isinya yang manis creamy!

Advertisements

Untuk membuat kue bulan coklat yang renyah dengan isi cream manis sediakan bahan-bahan berikut ini dengan langkah-langkah dubawah ini.

1. Bahan dan alat
Untuk bagian luarnya, siapkan Valrhona dark chocolate dan sedikit bubuk emas yang bisa dimakan untuk hiasan. Isiannya yang seperti ganache dibuat dari dark chocolate, milk chocolate, glukosa, gula, dan pure markisa. Rian juga menambahkan almond nougatine, lempengan renyah dan manis yang terbuat dari irisan almond, gula, glukosa, pektin, susu, krim, dan mentega.

Jangan lupa sediakan cetakan mooncake dari akrilik, kuas kecil untuk mengoles bubuk emas, spatula, dan kantung semprot (piping bag). Siapkan pula microwave dan freezer.

2. Lelehkan cokelat
Olesi bagian cetakan yang menonjol dengan bubuk emas sebagai hiasan. Kemudian, lelehkan cokelat dengan teknik tempering (memanaskan dan mendinginkan cokelat agar cokelat mengilat, tak cepat meleleh, dan garing) di oven microwave.

3. Buat cangkang cokelat
Tuangkan cokelat leleh ke cetakan sampai penuh, ketuk-ketukkan dasar cetakan ke meja untuk menghilangkan gelembung udara yang terperangkap, lalu tumpahkan cokelat tersebut kembali ke baskom. Jadi, cokelat leleh hanya melapisi dinding cetakan dan menjadi cangkang setelah mengeras, namun bagian tengahnya kosong untuk diisi ganache. Setelah itu, masukkan cetakan ke freezer.

4. Isi
Keluarkan cetakan cangkang cokelat yang sudah beku dari freezer. Semprotkan ganache sampai setengah tinggi cangkang, letakkan nougatine yang sudah dicetak bundar, semprotkan ganache lagi sampai hampir penuh. Tutup dengan cokelat leleh di atasnya, rapikan dengan spatula, lalu bekukan di freezer selama 10-15 menit.

(dk/nol)