Tips Olahan Iga Sapi Di Hari Spesial Lebaran

Sup-Iga-SapiPADANGTODAY.com – Menyajikan hidangan gurih bersantan seperti opor ayam bersama ketupat memang sudah menjadi tradisi di setiap perayaan Idul Fitri. Tetapi menyantap menu yang sama di setiap tahun tentunya membosankan. Untuk menghadirkan nuansa berbeda di Idul Fitri tahun ini tidak ada salahnya bukan jika Anda mencoba menu baru?

Sebagai ide cobalah menghidangkan Sop Iga Sapi Banget ala Royco yang tak kalah spesial. Meski memiliki cita rasa yang berbeda jika dibandingkan dengan gurih legit opor ayam, ternyata Sop Iga Sapi Banget dapat menjadi pasangan yang cocok untuk ketupat Lebaran Anda. Daging iga empuk berpadu dengan kuah bening yang gurih dan hangat bertambah nikmat jika dimakan bersama ketupat. Cara membuatnya? Sederhana!

Sebelum memasak Sop Iga Sapi Banget, siapkan beberapa bahan seperti bawang putih, bawang bombay yang sudah dipotong kotak, daun seledri, daun bawang, tomat, wortel, kentang dan tentunya tulang iga sapi berdaging. Sebagai bumbu pelengkap siapkan juga satu sendok makan garam dan gula pasir, setengah sendok teh lada dan saos tomat. Langkah selanjutnya campur semua bahan dan masak di dengan api kecil. Resep lengkapnya dapat diperoleh di sini (www.royco.co.id).

Kunci kenikmatan hidangan berbahan dasar iga sapi adalah kelembutan daging dan rasa bumbu yang meresap sempurna. Kenikmatan tersebut dapat diperoleh asalkan Anda memilih iga sapi yang tepat dan memasaknya yang cermat.

Sebagai tips pilihlah iga sapi muda yang lebih cepat empuk jika dimasak dan tidak berbau. Untuk mengempukkan daging iga sapi, rebus dalam air mendidih di atas kompor dengan api kecil selama 2 jam. Setelah daging iga empuk sempurna, angkat dan tiriskan untuk kemudian diolah. Tetapi jika menggunakan iga sapi lokal lakukan langkah merebus sekali lagi dengan air rebusan baru sebelum berlanjut ke proses pengolahan. Langkah ini penting untuk menghilangkan bau pada daging iga sapi.
Untuk menyingkat waktu, Anda juga dapat mengempukkan daging iga sapi menggunakan panci tekan (pressure cooker). Mengempukkan daging iga sapi dengan cara ini hanya memerlukan waktu sekitar 35 menit saja. Setelah daging iga sapi empuk, lumuri dengan bumbu halus dari campuran pala, kapulaga dan kayumanis agar daging iga tidak berbau. Supaya cita rasa Sop Iga Sapi Banget yang lebih mantap jangan lupa dapat juga menambahkan Royco Rasa Sapi.
Selain Sop Iga Sapi Banget ala Royco, masih banyak lagi hidangan berbahan dasar iga sapi yang dapat Anda hidangkan sebagai sajian spesial Idul Fitri seperti sop iga bakar, iga bakar dan sop konro khas Makassar. Ini karena iga sapi merupakan bahan yang cukup istimewa dan cocok jika dipadukan dengan berbagai bumbu dan rempah khas Nusantara.

(dk/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas