TMMN ke-94, Sudah Diawali Pra Kerja 12 Hari Sebelumnya, Hujan Jadi Kendala

TMMN ke-94 - Pembukaan 7 Mei 2015. Pembukaan jalan 8 jorong sepanjang 8,3 km.

TMMN ke-94 – Pembukaan 7 Mei 2015. Pembukaan jalan 8 jorong sepanjang 8,3 km.

TMMN ke 94 Di Limapuluh Kota Over Prestasi, Bangun Jalan 8,3 km

TMMN ke 94 Di Limapuluh Kota Over Prestasi, Bangun Jalan 8,3 km

Limapuluh Kota, PADANGTODAY.com–Bukan TNI namanya, jika tanpa perhitungan dalam bertugas. Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf Heri Sumitro SPd bersama Dan SSK Kapten CZi Joni Forta Rabu, 13 Mei 2015 mengatakan bahwa tim TNI Manunggal Membangun Nagari (TMMN) ke-94 di Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Gunuang Omeh, Kabupaten Limapuluh Kota sudah pra pekerjaan atau sudah dimulai sejak 12 hari sebelum pembukaan.

”Kendala cuaca, hujan yang setiap sore mendera membuat target pekerjaan harus kita back-up. Kita sudah mulai mengerjakan pembukaan jalan yang menghubungkan jorong atau dusun Aia Angek sampai ke Luak Begak sepanjang 8,3 km. 3 alat berat; eskavator, loader, dan crawler bekerja dalam waktu yang ditentukan dengan target pekerjaan yang ditetapkan,” kata Kapten CZi Joni Forta.

Soal penanganan kendala cuaca hujan ini, diakui sudah dikoordinasikan sejak mula dengan para tokoh masyarakat setempat. Semula, satu orang pawang hujan dimintai tolong untuk membuat terang lokasi pekerjaan. Tak cukup, kini dua orang. Hanya, derasnya hujan tak bisa dikendalikan, pekerjaan TMMN menjadi acap terkendala.

Pertimbangan penambahan panjang jalan dengan tidak menambah biaya ini, sebab jika memakai panjang seperti perencanaan semula yang 7,5 km harus melewati rawa dan perbukitan terjal. Makanya, oleh tim TMMN ke-94 setelah dihitung dengan baik, disepakati 8,3 km yang akan dibuka. Hari ini, telah 40 – 45 persen pekerjaan fisik terlaksanakan. Sampai 27 Mei mendatang, hasil kerja 100 persen harus ditunaikan.

Ruas pembukaan jalan baru ini sendiri, pasca dihitung ulang kondisi lapangan oleh pelaksana TMMD atau TMMN, menjadi sepanjang 8,3 km. Lebar jalan adalah 6 meter, dengan parit, di kiri dan kanan jalan, selebar setengah meter masing-masingnya.

Sebelumnya Dandim 0306/50Kota Letkol Inf Heri Sumitro dalam laporannya menyebut sasaran fisik membuka jalan baru dari Jorong Aie Angek menuju Luak Begak sepanjang 7,5 km dengan lebar 7 meter. Selain itu rehab rumah tidak layak huni sebanyak 24 unit. Sedangkan sasaran non fisik berupa penyuluhan oleh SKPD terkait.

“Kegiatan ini dilaksanakan sejak 7 sampai 27 Mei dengan melibatkan 150 orang yang masing-masingnya pesonil TNI sebanyak 125 orang, Polri 10 orang, tim asistensi atau penyuluh sebanyak 15 orang,” papar Heri Sumitro.

Over Prestasi

Pekerjaan jalan yang over prestasi juga diikuti dengan penambahan kerja lainnya. Tim TMMN ke-94 akan membangunkan sebuah Musala di jorong Puah Datar, lalu bersama-sama masyarakat membangun parit jalan di kiri dan kanan. Kapten CZi Joni Forta menjelaskan bahwa di hari ke-7 pekerjaan manunggal ini, 125 personil gabungan TNI; Angkatan Darat, Angkatan Udara, dan Angkatan Laut, 10 personil Polri dan 15 Asistensi terus bersemangat bekerja.

Tokoh masyarakat Koto Tinggi, Z Datuak Parpatiah Nan Sabatang turut berterimakasih kepada TNI, Polri serta pemerintahan daerah yang mau bahu-membahu dengan masyarakat dalam mempercepat pembangunan daerah Koto Tinggi sekaligus kawasan perjuangan di Kabupaten Limapuluh Kota.

Hiburan rakyat, orgen tunggal, pemutaran film oleh BPNPKB, sosialisasi anti narkoba oleh BNN, pelayanan KB gratis, ceramah agama oleh personil TNI, dan masih banyak lagi kegiatan non fisik dilakukan. Bukti kemanunggalan TNI bersama rakyat makin kental sebab adanya TMMN atau TMMD ini.

Bagi personil TNI yang bekerja disediakan uang saku dan uang makan. Namun begitu, keikutsertaan masyarakat sangat dipuji oleh TNI. Sebab, keterbatasan waktu dan biaya, kata Kapten CZi Joni Forta terbatas pula TNI bisa membantu masyarakat. Hanya bisa sebesar yang ditargetkan plus over prestasi yang bisa dikerjakan. Jika dipenuhi seluruh kehendak masyarakat, rumah layak huni, permintaan sampai 60-70 unit.(Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*