TNI AL Gelar Bhakti Sosial di Kota Pariaman

wawako Genius Umar memberi sambutan pada acara bhakti sosial TNI AL di SD N 09 Pauh Barat

Kota Pariaman,Padang-today.com ___TNI Angkatan Laut melaksanakan kegiatan Bhakti Sosial Surya Bhaskara Jaya ke-66 tahun 2017 di Kota Pariaman yang dilaksanakan selama dua hari, 23-24 November 2017.

Kepala Dinas Kesehatan KSAL Drg. RA. Nora Lelyana mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian dari Sail Sabang 2017 yang akan digelar tanggal 2 Desember nanti di Sabang, Aceh.

“KSAL TNI AL Bapak Ade Supandi memerintahkan kami untuk melaksanakan bhakti sosial di Kota Pariaman sebelum menuju Pulau Simelue dan Lhokseumawe. Ini merupakan tanggung jawab social Bapak KSAL kepada masyarakat Kota Pariaman karena telah dianugerahi gelar Sutan Panglimo Panguaso Lauik Nan Sati oleh masyarakat adat Kota Pariaman pada bulan Maret lalu”, ungkap Laksamana Pertama tersebut.

“Kami menurunkan 120 orang tenaga kesehatan untuk melayani 1595 orang pasien di Kota Pariaman. Untuk operasi katarak dan bedah kita laksanakan di KRI Dr.Suharso yang bersandar di Teluk Bayur, Padang karena disini tidak memungkinkan kapal kita untuk bersandar”, jelasnya.

“Sejak pagi tadi telah kita kirim pasien yag akan mendapatkan penanganan di kapal perang tersebut. Di kapal itu memiliki kamar bedah dan ruang rawat inap, sehingga setelah pasien dioperasi akan diinapkan dikapal sebelum menjalani rawat jalan”, lanjutnya.

Sementara itu Wakil Walikota Pariaman Genius Umar sangat mengapresiasi terhadap apa yang telah dilakukan oleh TNI AL terhadap masyarakat Kota Pariaman.

“Pada hari ini dapat kita saksikan bahwa TNI AL sangat dekat dengan masyarakat terutama dengan masyarakat Kota Pariaman. Bahwa TNI tidak hanya berhubungan dengan perang, tapi juga ada bhakti social seperti di Kota Pariaman saat ini”, jelasnya.

Dalam kunjungannya Wakil Walikota didampingi ketua DPRD Mardison Mahyuddin, Sekdako Pariaman Indra Sakti serta kepala SOPD meninjau langsung pelayanan kesehatan yang diberikan oleh TNI AL kepada masyarakat di SD negeri 09 Pauh Barat dan RS. Dr.Sadikin Padusunan. Di SD negeri 09 Pauh Barat dilaksanakan pelayanan kesehatan umum serta pembagian sembako kepada pasien setelah berobat. Sementara itu untuk khitanan dilaksanakan di RS.Dr.Sadikin, Padusunan Kota Pariaman. Semua pelayanan kesehatan akan ditangani langsung oleh tim kesehatan TNI AL.

Kegiatan bhakti social yang digelar di Kota Tabuik ini akan melayani 1595 orang yang terdiri dari pelayanan kesehatan umum sebanyak 1000 orang, gigi 250 orang, bedah minor 80 orang, bedah mayor 15 orang, khitan 150 orang, bibir sumbing 30 orang, katarak 20 orang dan mow/mop 20 orang.(suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas