TNI dan POLRI Sering Ribut, Panglima TNI Jenderal Moeldoko Lakukan Pendidikan Bersama

 Panglima TNI Jenderal Moeldoko.

Panglima TNI Jenderal Moeldoko.

PADANGTODAY.com- Bentrokan antara anggota TNI dan Polri terus berulang. Panglima TNI Jenderal Moeldoko menyiapkan program agar harmonisasi antara anggota dapat terjalin. Untuk itu perlu dilakukan pendidikan bersama.

“Agar para taruna TNI-Polri nantinya akan kita satukan kembali di Magelang pada saat pendidikan dasar keprajuritan 6 bulan, sehingga terbangun harmoni, pemahaman saat menjalankan tugas,” kata Moeldoko di Istana Bogor, Jumat (28/11).

Untuk mekanismenya, menurut Moeldoko, pendidikan yang lebih menekankan pada karakter, nilai-nilai kebangsaan, dan disiplin. “Jadi bukan berkaitan dengan militer. Istilahnya pendidikan militer dasar tapi bukan persoalan militer itu yang ditekankan,” tuturnya.

Moeldoko mengaku sudah mendiskusikan hal tersebut dengan Kapolri Jenderal Sutarman. Dengan begitu, lanjutnya, hubungan emosional antar-prajurit dapat terjalin dengan baik.

“Kita dulu memiliki kondisi yang sama di dalam membangun emosi sehingga terbangun sebuah kondisi yang tertata ke depan,” imbuhnya.

“Seperti saya dengan Pak Tarman secara psikologis mudah berkomunikasi dan pernah sama-sama di dalam Tidar. Itu yang kita analogikan,” tandasnya.(dil/mdk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*