Tokoh Muda Menghiasi Pilkades Serentak Kota Pariaman 2019

Padang-today.com__Pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 31 desa di Kota Pariaman pada 28 April kemaren secara umum berjalan aman, lancar dan kondusif.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMDes) Kota Pariaman, Efendi Jamal mengatakan, hingga saat ini rekapitulasi hasil penghitungan suara telah dilakukan ditingkat TPS. Selanjutnya, seluruh logistik Pilkades akan disimpan di kantor desa masing-masing.

Ia mengatakan, pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) 2019 di Kota Pariaman berjalan aman dan kondusif, hal tersebut berkat kerjasama semua pihak, baik masyarakat yang sudah punya hak pilih, panitia tingkat desa, panitia tingkat kecamatan dan panitia tingkat Kota Pariaman.

“ Hasil penghitungan di masing-masing TPS sudah ada, masyarakat di masing-masing desa bisa menghitung sendiri dari hasil tersebut,” ujarnya.

Katanya, setelah pelaksanaan Pilkades serentak dilakukan hari ini, seluruh Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) di 31 Desa menyampaikan laporan hasil pilkades kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk dilakuakan penetapan calon terpilih.

Ditempat terpisah, 4 orang calon kepala desa yang ikut berkompetisi Pilkades 2019 serentak di Desa Pasir Sunur Kecamatan Pariaman Selatan setelah dilakukan penghitungan suara, figur yang memperoleh suara terbanyak untuk Desa Pasir Sunur adalah Andi Firdaus Zami. Ia salah satu tokoh muda dari kepala desa terpilih di daerah itu.

Andi Firdaus Zami berhasil mengantongi suara sebanyak 103 suara dri jumlah total suara sebanyak 182 suara yang telah memilih kades di Pilkades serentak 2019 Desa Pasir Sunur. Sehingga Andi Firdaus dapat menyingkirkan calon lainya dalam pertaarungan pilkades 2019 dengan memperoleh suara yang signifikan.

Tokoh aktifis muda ini dinyatakan ungul dalam perolehan suara Pilkades serentak 2019 di Desa Pasir Sunur. “ Terimaksih untuk segala pihak yang telah memberikan suport,” kata Andi Firdaus Zami, Minggu 28-04-2019 mlalui ponselnya di Pariaman.

Menurutnya, keberhasilan untuk menjadi kepala desa tersebut tidak terlepas dari pengalaman belajar dari sejumlah organisasi. “ Saya banyak belajar dari oragnisasi-orgasnisasi,” ujarnya.

Tokoh pemuda ini menegaskan, pihaknya akan senantiasa berjuang menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai kepala desa. “ Lewat ini, saya juga akan terus belajar perihal politik yang jauh dari sikap pragmatis,” tegas Andi.

Selain itu, dengan adanya dukungan dari sega pihak yang telah mengantarkan dirinya sebagai kepala Desa Pasir Sunur, semuanya ini adalah modal yang besar bagi dirinya dalam menjalankan roda kepemerintahan di desa itu. “ Alhamdulillah, dengan dukungan dari segala pihak ini saya dapat bersinergi anatar pemko dan masyarakat dalam menjalankan roda kepemerintahan,” ujarnya.

Kedepanya, ia berharap seluruh komponen masayarakat di desa itu untuk dapat bersinergi dalam kemajuan dan kebaikan Desa Pasir Sunur dengan kerja ikhlas, cerdas dan tuntas. “ Mari kita rapatkan barisan dan singsingkan lengan dalam membangun desa kita ini, sesuai dengan visi misi desa tersebut,” tandasnya menghakiri.

Berdasarkan data yang dihimpun dari hasil penghitungan suara sementara pada pilkades serentak Kota Pariaman 2019 di masing-masing TPS. Dari hasil tersebut, dapat diprediksi yang dapat duduk dikursi kepala desa di daerah itu sebagai berikut, Kecamatan Pariaman Selatan 8 Desa.

Sebagai berikut, Efendi dari Desa Balai Kuraitaji, Riko Herianto dari Desa Batang Tajongkek. Kemudian, Dodi Susandra dari Desa Kampuang Apar, Ramadhani dari Desa Padang Cakur, Azwir dari Desa Palak Aneh, Andi Firdaus Zami dari Desa Pasir Sunur, Jaswirman dari Desa Pauh Kuraitaji dan Ismet Zuhri dari Desa Taluak.

Sementara di kecamatan Pariaman Tengah unggul suara terbanyak sementara, Maifaldi dari Desa Cimparuah, Musmulyadi dari Desa Jati Mudiak, Rasyid dari desa Kampuang Baru, Ulil Amri dari Desa Pauah Timur dan Sukri Hariadi Can dari Desa Rawang.

Kecamatan Pariaman Utara, Halim Astra unggul dari perolehan suara Pilkades 2019 di Desa Cubadak Air Selatan, Aminusin Lempa dari Desa Cubadak Aia Utara, Oscar dari Desa Manggung, Suhardi dari Desa Sikapak Barat, Syawirman dari Desa Sikapak Timur, Taufik Hidayat dari Desa Sintuak dan Hedrick dari Desa Apar.

Sedangkan Kecamatan Pariaman Timur diikuti oleh 11 desa. Unggul sementara dalampenghitungan suara terbanyak itu adalah segai berikut, Wijidi Firdaus dari Desa Sungai Sirah, Harlis dari Desa Sungai Pasak, Israruddin dari Desa Kampuang Kandang.

Seterusnya, Syafrizal dari Desa Pakasai, Ali amran dari Desa Kaluat, Syafriyal Syam dari Desa Bato, Edison dari Desa Air Santok, Azwirman dari Desa Cubadak Mentawai, Syafril Musa dari Desa Bungo Tanjuang, dan Zamrika Saputra dari Desa Batang Kabung. (suger)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas