TP PKK Gandeng IIP Gelar Seminar Ibu Profesional

Narasumber Dodik Mariyanto memberikan seminar tentang pentingnya menjadi kreatif kepada para ibu di aula SKMN2 Payakumbuh.

Narasumber Dodik Mariyanto memberikan seminar tentang pentingnya menjadi kreatif kepada para ibu di aula SKMN2 Payakumbuh.

Advertisements

Payakumbuh, PADANGTODAY.COM-Peran penting ibu dalam keluarga, mempunyai imbas terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak ke depan. Apabila ibu tersebut tidak profesional dan kurang pengetahuan, maka akan terjadi generasi yang nantinya berperan sebagai penonton, bukan sebagai pelaku dalam kehidupannya.

Mengingat betapa pentingnya peran ibu di tengah keluarga itu, membuat TP PKK Kota Payakumbuh bekerjasama dengan IIP (Institut Ibu Profesional) Cabang Payakumbuh dan Limapuluh Kota, menggelar seminar sehari berthemakan Membangun Peradaban dari Rumah, bertempat di aula SKMN 2 Payakumbuh, Minggu (9/11).

Seminar sehari ini, seperti yang disampaikan oleh Zaminah, ketua Panitia, mendatangkan 2 orang narasumber sekaligus. Mereka adalah pasangan suami istri, founder dari Institut Ibu Profesional (IIP), yakni Dodik Maiyanto dan Septi Peni Wulandani. Para peserta berjumlah 750 orang yang berasal dari guru-guru PAUD sampai SLTA di Kota Payakumbuh, Anggota Dharma Wanita Payakumbuh, Anggota GOW, serta masyarakat yang peduli tentang kesejahteraan keluarga.

Menurut Wakil Ketua TP PKK Kota Payakumbuh, Ny. Merry Benni Warlis, nama narasumber mungkin terdengar asing bagi warga Payakumbuh pada umumnya. Namun, berbagai prestasi dan penghargaan tingkat nasional dan internasional, telah berhasil mereka raih dalam bidang pemberdaya masyarakat dan bidang pendidikan.

“Mereka merupakan orang-orang yang mempunyai pengalaman dan pengetahuan dibidang pendidikan anak yang berkarakter sejak usia dini. Makanya, TP PKK Kota Payakumbuh mengundang mereka berdua untuk berbagi ilmu dengan kita semua, sehingga dapat kita terapkan dirumah masing-masing” ujar Ny. Meri Benni Warlis.

Selain itu, Staf Ahli Walikota Payakumbuh ini menambahkan, seminar sehari ini juga bertujuan membuka wawasan para ibu dan para orangtua di Payakumbuh, untuk bisa menjadi orangtua yang profesional dalam menumbuh kembangkan potensi dan pendidikan anak.

”Kita tidak ingin, generasi masa depan kita nanti, tidak mempunyai bekal dalam menjalani kehidupan. Bukan hanya bekal materi, namun juga memiliki bekal berupa mental dan pendidikan yang kuat, sehingga tidak melenceng dari apa yang telah diajarkan Islam kepada kita semua” ujar dr. Merri lagi.

Disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh, Ir. Benni Warlis, MM, Pemko sangat mengapresiasi acara sehimar yang digelar oleh TP PKK Kota Payakumbuh ini. Hal ini membuktikan, TP PKK sebagai wadah masyarakat, memiliki perhatian lebih dalam menciptakan keluarga yang sejahtera.

“Seminar ini sangat dibutuhkan oleh keluarga warga Payakumbuh yang ingin menciptakan keluarga yang bisa hidup bersama dan saling berdampingan mencapai masa depan. Anak-anak kita perlu diberikan pembekalan untuk menjalani kehidupan mereka kelak. Oleh karena itu, para orangtua juga harus bisa menjadi orangtua yang kompeten, yang bisa membekali anak dengan apa yang mereka butuhkan nantinya” sambut Sekda.

Sementara itu, menurut Betty Arianti, ketua IIP cabang Payakumbuh dan 50 Kota, IIP sendiri telah berdiri sejak 2012 yang lalu, dengan beranggotakan 600 orang lebih yang tersebar di Luhak Limopuluah. Mereka merupakan kumpulan ibu-ibu yang peduli tentang pendidikan anak dan keluarga. Para anggotanya akan dibekali pengetahuan bagaimana menjadi Ibu yang Profesional mengelola keluarga.

“Jadi peran Ibu dirumah tangga tidak hanya menjadi pengurus rumahtangga, namun juga sebagai perencana dan pembina masa depan anak-anaknya bersama para Bapak-bapak” kata Betty. Bagi yang ingin bergabung, kata Betty lagi, bisa mengakses www.ibuprofesional.com atau menghubunginya di nomor telepon 081363423395. “Semuanya gratis tanpa dipungut biaya” tutup Betty.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*