TP PKK Kabupaten Kerinci Lakukan Studi Banding

Padangpanjang, padangtoday- Berawal dari salah seorang anggota TP. PKK Kabupaten kerinci, Murni yang berkunjung ke SKB Kota Padang Panjang beberapa waktu yang lalu, saat berkunjung dia disuguhi secangkir minuman jahe yang merupakan produk olahan sanggar tersebut, tiba tiba Murni merasakan nikmatnya menyeduh secangkir minuman jahe itu. Saat diberi tahu kalau itu adalah produk olahan jahe SKB Kota Padang Panjang maka Murni menyatakan minatnya. Ia menyatakan akan mencoba mengajak rombongan TP. PKK Kabupaten Kerinci untuk belajar pengolahan jahe.

Advertisements

Oleh karna itu pada Selasa (1/3) rombongan TP. PKK Kabupaten Kerinci didampingi oleh seluruh Camat dari 16 kecamatan di Kabupaten Kerinci hadir di SKB Kota Padang Panjang untuk melakukan studi banding dan kunjungan kerja

Ir. Hj. Efrida Supril sebagai ketua rombongan TP. PKK Kerinci mengungkapkan bahwa Kota Padang Panjang dan Kabupaten Kerinci bila ditinjau dari topografi tak jauh berbeda, apa yang ditanam di Padang Panjang juga bisa ditanam di Kab. Kerinci. Dari bincang bincangnya dengan Murni salah seorang anggota TP PKK Kab. Kerinci tentang pemanfaatan jahe sebagai Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dan bentuk pengolahannya yang ada di Padang Panjang menarik minat mereka maka berdasarkan persetujuan Ketua Pembina TP. PKK Kabupaten Kerinci memutuskan untuk berkunjung ke Padang Panjang.

Sementara itu Kepala SKB Sofyeni menyatakan apresiasi dan terima kasih atas kedatangan rombongan TP. PKK dari Kabupaten Kerinci.”kami akan membagikan apa yang kami tahu semoga bisa bermanfaat untuk dikembangkan di Kab. Kerinci”ungkapnya

Dalam pertemuan dengan rombongan TP.PKK tersebut Sofyeni menyatakan bahwa pengelolaan produk hendaknya dari hulu ke hilir seperti pengolahan jahe ini.karna kalau hanya mentah nya saja harga nya Cuma 10 ribu satu kilo tapi kalau di olah menjadi sebuah produk maka akan mempunyai nilai yang tinggi.

Produk olahan dari jahe yang telah diproduksi di SKB kota Padang Panjang diantaranya Sirup Jahe,permen jahe,kopi jahe, manisan kering dari jahe dll. Untuk Permen jahe salah satu hotel bintang 4 dari Padang menyatakan minatnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*