TPQ Mutawahidah Payakumbuh Utara Dikunjungi Tim Provinsi

Sekdako Payakumbuh H Benni Warlis

Sekdako Payakumbuh H Benni Warlis

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) Masjid Mutawahidah Kelurahan Ompang Tanah Sirah, Kecamatan Payakumbuh Utara, wakil Payakumbuh dalam Lomba Paket Lembaga Didikan Subuh (LDS) Tingkat Sumatera Barat, 2015, dikunjungi tim penilai provinsi, Minggu (19/4) subuh.

Sekdako Payakumbuh H. Benni Warlis, MM, didampingi Kabag Kesra Setdako Yonrefli, S.Sos, MPE, di Balaikota Bukik Sibaluik Payakumbuh, Selasa (21/4), menginformasikan, kepedulian pemko dalam lomba paket LDS ini, sangat menentukan.

Makanya, saat tim penilai tiba di masjid, Wakil Walikota H. Suwandel Muchtar bersama Kepala Kantor Kemenag Asra Faber dan sekdako serta Camat Payakumbuh Utara Hofriwandi, ikut menunggi tim sambil shalat subuh berjemaah dengan santri atau murid TPQ Mutawahidah.

“Kehadiran kepala daerah dan pejabat di jajaran Kankemenag sangat menentukan dan Alhamdulillah, kita telah memenuhi syarat tersebut,” kata sekdako.

Tim penilai yang datang terdiri dari Dr. Muchlis Bahar, LC, M.Ag, Yulis Sahid, Hasan Basri Husen, Fauzi, Yunaidi dan Surilen dari berbagai unsur pemprov dan perguruan tinggi. Ketua tim penilai Muchlis Bahar, mengaku puas, dengan kunjungannya ke Payakumbuh, karena mendapat perhatian dari kepala daerah. “Kepedulian pimpinan daerah ini sangat menentukan kelansungan program LDS ke depan,” katanya dikutip sekdako.

Shalat subuh berjemaah bersama kepala daerah, dikatakan, ketua tim penilai Muchlis, bagian dari penilaian. Dampak dari lomba ini, memotivasi orang tua bersama putera-puterinya meramaikan masjid atau mushalla, shalat berjemaah dari subuh hingga Isya. Kita tak ingin, subuh berjemaah di masjid/mushalla, hanya ramai ketika mau lomba saja. Habis lomba, masjid dan mushalla kembali sepi dari kegiatan shalat berjemaah.

Lomba LDS Tergiat, tambahnya, diharapkan menambah semangat pengurus LDS kota dan kecamatan, serta seluruh pengurus TPA, menggairahkan kegiatan pendidikan baca Alqur’an diseluruh kelurahan. Harapan tim penilai itu, seperti disampaikan Wakil Walikota Suwandel Muchtar, dalam sambutannya, juga sudah paralel dengan visi dan misi kota ini.

Untuk menggairahkan warga, orang tua dan anak-anak membaca Alqur’an, sudah dilakukan dengan bebagai program. Mulai dari magrib mengaji yang dicetuskan Kementerian Agama, sampai kepada menghafal Alqur’an sebelum jam belajar dimulai. Seluruh sekolah di Payakumbuh sudah mengaplikasikan kegiatan menghafal Alqur’an.

Bagi pelajar dan guru TPQ yang hafal Alqur’an 30 juz, pemko memberi reward dengan mengirim yang bersangkutan Umrah ke Tanah Suci Mekkah. Tahun 2015, Payakumbuh sudah mengirim 2 guru TPQ dan 3 pelajar Umrah, awal tahun lalu, sebut wawako.

Unsur penilaian Lomba LDS, meliputi paket didikan subuh, seperti pembacaan Ikrar didikan subuh, pembawa acara, pembacaan ayat-ayat pendek dan penyelenggaraan shalat jenazah, selain kelengkapan administrasi LDS.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*