Tradisi Ramadhan, FPL Salurkan Sembako dan Buku

Padangpanjang—Usia yang tak lagi muda tidak menyurutkan semangat Amak Rosmaniar (85 tahun)untuk berusaha, malahan diusia sesenja itu ia semakin produktif mengumpulkan rupiah dan tidak mau berpangku tangan tangan dan membebankan keluarga, Sabtu (25/05).

Menjalankan kehidupan setiap pagi beliau sudah pergi ke pasar Padangpanjang, dengan  membawa barang dagangan, berupa jagung manis.

Pekerjaan tersebut telah dilakoninya semenjak bertahun-tahun yang lalu dan aktivitas itu pula  yang menyebabkan tubuhnya sehat dan segar dikarenakan selalu bergerak dan selalu bersyukur berapapun uang yang didapat dari hasil penjualan dagangannya

Didampingi Ketua RT X, Kelurahan Pasar Usang, Rully Sutan Panduko, Tim Sinergi Literasi Kota Padangpanjang, sore hari tadi bersilaturahmi ke rumah Amak Rosmaniar.

Mimik wajah ceria dan senyum semringah, ia sambut rombongan Relawan Forum Pegiat Literasi (FPL) Kota Padangpanjang yang membawa donasi berupa sembako (beras, gula, susu, teh, minyak goreng) dan sedikit uang untuk belanja berbuka puasa  dan sahur.

“Terima kasih anak-anak Amak alah berkunjung ke rumah Amak,” sambutnya sembari menjabat erat tangan relawan yang seusia cucu-cucunya.

Amak Rosmaniar salah satu lansia penerima manfaat Program Ramadhan Tim Sinergi Literasi Kota Padangpanjang.Selanjutnya dihari yang sama tim juga menyalurkan tiga paket donasi yaitu Amak  Ermayulis (81 tahun) yang dulunya juga berprofesi sebagai pedagang tetapi semenjak menderita penyakit pembengkakan jantung, beliau tak kuat lagi untuk berjalan jauh, apalagi menggelar dagangan di pasar. Hari-hari ia habiskan di rumah.

Kemudian sama halnya dengan Amak Rosmaniar, Tim Sinergi Literasi Kota Padangpanjang juga memberikan donasi sembako dan sedikit uang bekal berbuka dan sahur untuk Amak Ermayulis.

Sementara warga ketiga penerima donasi adalah Ibu Risna Lelah (48), Ibu ini harus bekerja keras menafkahi keempat anaknya karena sang suami telah tiada, dirumahnya beliau membuka warung kecil yang menjadi sumber penghasilan keluarga.

Didampingi Amallia, sang putri yang saat ini duduk di bangku sebuah Madrasah Tsanawiyah, Ibu Risna menyambut kedatangan Tim Sinergi Literasi yang sore tadi memberikan donasi sembako dan buku bacaan untuk mendukung terbentuknya perpustakaan rumah tangga di keluarga ini.

Hingga sore tadi, Tim Sinergi Literasi Kota Padangpanjang telah menyalurkan 22 paket donasi sembako dan buku bacaan untuk warga prasejahtera, lansia dan penyandang disabilitas di Kota Padangpanjang.

Seluruh donasi bersumber dari para donatur/dermawan yang ikut mendukung program ini sejak diluncurkan tiga tahun lalu. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas