Trotoar Disabilitas Dijamuri Aksesoris Jalan

Trotoar jalan di Kota Padang yang masih terbengkalai.

Padang, PADANGTODAY.com-(10/11) Dinas Pekerjaan Umum (PU) Padang membuat sebuah terobosan dengan membangun trotoar yang memiliki desain pemandu khusus bagi kaum difable (penyandang cacat).

Sayangnya, trotoar model baru tersebut tidak memperhatikan kenyamanan bagi subjek penggunanya, terlihat pada badan trotoar tertanam banyak rambu lalu-lintas, hingga halte bus yang terpasang duluan di trotoar tersebut.

Seperti yang terlihat di kawasan jalan Sudirman di depan Kantor Bank BI, Lajur khusus dengan ubin bercorak garis-garis warna kuning yang diperuntukan bagi pejalan kaki dari kalangan tuna netra (buta), dipasang langsung berbenturan dengan tiang traffic light sekaligus berbenturan dengan pot bunga.

Kepala Dinas PU Padang, Muswendri Evytes, mengakui bahwa penggunaan trotoar tersebut belum maksimal, dimana masih Ada kekurangan dalam penataan aksesoris jalan seperti tiang listrik, lampu jalan, rambu-rambu lalu lintas hingga halte bus.

Ia mengatakan bahwa, dinasnya sudah berkoordinasi dengan instansi terkait, dalam penertiban aksesoris jalan tersebut. Sehingga, penempatan lajur khusus tersebut dapat optimal tepat penggunaannya dan tidak berdempet-dempetan dengan aksesoris jalan.

“Kami, akan terus berupaya untuk berkoordinasi dengan instansi terkait,untuk memindahkan tiang listrik ataupun benda yang menghambat lajur khusus tersebut. Sehingga trotoar itu nantinya benar-benar bisa dimanfaatkan pejalan kaki dari kalangan tuna netra,” katanya.(wiwi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas