Tumbuhkan Minat Baca, Pelajar SD & Madrasah Ibtidaiyah Beradu Lomba Bercerita

Mewakili Bupati Drs Azwardi mendengarkan judul lomba yang akan dibacakan peserta Lomba Bercerita

Mewakili Bupati Drs Azwardi mendengarkan judul lomba yang akan dibacakan peserta Lomba Bercerita

Advertisements

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Sebanyak 26 pelajar tingkat SD Kelas IV dan V Putra/Putri sederajat beradu di Lomba Bercerita se- Kabupaten Lima Puluh Kota di Hotel Shago Bungsu Tanjung Pati Kecamatan Harau, Kamis (12/5).

Mewakili Bupati Limapuluh Kota Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Drs Azwardi, mengapresiasi lomba ini. Kata dia, lomba bercerita dianggap sebagai salah satu langkah strategis mengembangkan pola pikir anak untuk membangkitkan karakter dan daya saing anak didik dalam membudayakan gemar membaca.

“Di kalangan murid SD, budaya gemar membaca menjadi salah satu unsur penting dalam dunia pendidikan. Baik itu bersifat formal maupun informal yang harus tetap dijaga esensinya lewat berbagai pembinaan dan pengembangan anak didik,” urai Drs. Azwardi.

Selain itu, lanjut Drs. Azwardi, lomba ini merupakan sebagai bentuk melestarikan dan mewariskan cerita rakyat kepada generasi muda agar nilai luhur yang terkandung di sebuah cerita rakyat dapat jadi suri tauladan.

“Cerita-cerita daerah atau rakyat bisa jadi filter untuk menyaring budaya asing yang tidak sesuai dengan nilai budaya Indonesia,” sambungnya.

Menumbuhkan gemar membaca kepada anak diakui Drs. Azwardi butuh proses. Penanganannya harus melibatkan semua pihak. Mulai dari keluarga, sekolah, masyarakat, pemerintah dan swasta. Karena itu, lomba ini diharapkan bisa menjadi wahana dan spirit untuk menggerakan lagi minat baca kepada anak-anak.

“Kami berharap lomba ini menjadi bagian untuk mewujudkan seni bertutur atau sastra lisan adalah salah satu unsure seni budaya ratusan tahun yang lalu,” papar Drs. Azwardi.

Ketua Panitia Sadarman,SH atas nama kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan melaporkan bagi Juara I akan mengikuti Lomba Tingkat Provinsi Sumbar dan Tk. Nasional.

Selain itu Juara I,II,III dan Harapan I,II,III akan mendapatkan hadiah berupa Tabanas, Tropi dan Piagam. Materi lomba yang bersumber dari legenda Kabupaten Lima Puluh Kota dengan Judul cerita “Asal Usul Lembah Harau.”(rel/dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*