Turnamen PEFI, Laga Pembuka,PON Sumbar Dapat Pelajaran Berharga

futsal pon sumbar 2PADANGTODAY.COM -Tim Futsal PON Sumbar mendapatkan pelajaran berharga dari tim futsal Sahabat Noah dalam laga pembuka Turnamen Piala Emas Futsal Indonesia (PEFI) di GOR Ciracas Jakarta Timur, Senin (1/8).

Advertisements

Dalam pertandingan tersebut, tim Futsal PON Sumbar menyerah 2-6, dari Sahabat Noah Futsal Club Kutai Timur.  Meski bernama Sahabat Noah, namun semua pemainnya diisi oleh pemain dari klub Biang Bola, kontestan Liga Pro Futsal Indonesia yang unggul pengalaman dibanding tim futsal Ranah Minang yang diasuh trio pelatih muda, Ronni Doang, Yudhi Fatra dan Andrian Andika itu.

Terlihat jelas terlihat pada babak pertama Sumbar tampil grogi dan kerap melakukan kesalahan mendasar sepanjang permainan. Namun di babak kedua, perlahan-lahan tim yang tengah memanaskan mesin jelang tampil di ajang cabang olahraga futsal PON 2016 Jawa Barat, September mendatang bisa keluar dari kegugupan mereka di babak pertama.

Bahkankan, Sumbar bisa mengimbangi permainan Sahabat Noah, dan bisa mencetak dua gol melalui Efrinaldi dan M. Sanjaya. Sayangnya, ditengah permainan yang mulai membaik itu salah seorang pemain Sumbar, Afis Yunanda mendapat kartu kuning kedua sekaligus kartu merah untuknya. Bermain dengan empat pemain membuat Sumbar kembali keteteran, dan Sahabat Noah pun mampu menutup laga dengan 6-2.

“Kita memang kalah kelas dari lawan, dan itu akan menjadi pengalaman bagi para pemain. Bahwa masih banyak yang perlu dibenahi di tim ini.”kata Ketua Asosisasi Futsal Provinsi (AFP) Sumbar, H. Yasman Yanusar, yang menyaksikan langsung pertandingan.

Hal senada diungkapkan asisten pelatih Yudhi Fatra, yang menyebutkan faktor mental bertanding menjadihandicap utama tim Sumbar.

“Secara teknis, kita tak kalah dengan tim lawan, tapi kalau masalah mental, masih banyak yang perlu dibenahi.”kata Yudhi.

“Ini menjadi PR terbesar kita, karena walaupun secara teknis kita bagus tetapi kalau tak ditopang mental bertanding yang bagus pula, sisi teknis tersebut juga tak akan maksimal.”katanya.

Yudhi mencontohkan, saat masuk lapangan saja sudah terlihat beberapa pemain yang terlihat kurang percaya diri dan grogi.

“Saya kira dengan ikut turnamen seperti ini,  kita bisa membuat mental para pemain bisa terasah jelang tampil di PON. Kita tak membebankan mereka target atau hasil tertentu di turnamen, yang penting bisa membuat mereka tampil enjoy dan lepas.”ujarnya.

Pertandingan kedua di Grup C turnamen PEFI ini, Sumbar kembali akan tampil Selasa (2/8) menghadapi Tupessy Jawa Barat.

“Mudah-mudahan kita bisa tampil lebih baik, dan meraih hasil yang bagus juga.”kata Yudhi.(can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*