Tutup Pekan Kemerdekaan, Warga Padang Samuik Meriahkan HUT RI Ke-72 dengan Aneka Permainan Tradional

Padang Samuik – HUT RI 72 – Panjat Pinang

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Masyarakat Perumahan Padang Samuik RT01 RW01 Kelurahan Talang, Payakumbuh Barat seketika mengerubungi lapangan depan komplek tersebut, Minggu (20/8) sore. Sebelumnya Panitia Pelaksana Peringatan HUT RI ke-72 Perumahan Padang Samuik membagikan undangan dari rumah ke rumah, usai shalat ashar warga mulai berkerumun. Tua, muda, serta anak-anak tak mau kalah unjuk diri dalam beragam permainan yang diperlombakan.

Dari pantauan Padang-Today.com, sorak-sorai penonton bahkan lebih meriah mengalahkan pengeras suara yang digunakan panitia.

Gemuruh dukungan bertambah ketika memasuki perlombaan meminum susu dari botol bayi. Lomba yang sebelumnya direncanakan ditujukan untuk kepesertaan bapak-bapak ini, menggunakan bentangan tali untuk menggantung botol-botol tersebut. Namun para bapak-bapak tampak malu-malu untuk unjuk gigi. Alhasil, lomba tersebut diikuti oleh para remaja dan pemuda.

Penggantian ini justru tak kalah mengundang gelak tawa. Sebabnya, para peserta tampak kepayahan menjangkau botol susu yang hanya dibolehkan dengan mulut itu. Bahkan tak jarang wajah peserta turut basah karena terkena cipratan susu dari dalam botol. Satu-dua peserta pun berangsur menyelesaikan lomba yang mengundang gelak jenaka itu.

Padang Samuik – HUT RI 72 – Tarik Tambang

Tarik tambang untuk peserta ibu-ibu, serta memasukkan belut ke dalam botol untuk anak-anak juga turut diperlombakan.

Sebagai puncak acara, warga dihibur dengan perlombaan panjat pinang. Batang pinang yang sudah dilumuri dengan sabun cuci sebelumnya dipanjat bergantian oleh tiga tim. Para peserta tampak kepayahan saling menopang satu sama lain. Teriakan histeris memberi semangat bahkan keluar spontan dari ibu-ibu saat ada regu yang hampir menggapai puncak batang pinang.

Tawa kembali pecah ketika regu-regu tersebut terpaksa gagal karena tak kuat menopang badan anggota tim yang berada di atasnya dan berusaha bergelayutan seperti tak rela melepas batang pinang.

Ketua RT01 Indra tampak turut memberi arahan pada regu-regu tersebut. Paham akan arahan, setiap tim silih berganti mencoba kembali. Batang pinang pun berhasil dipanjat dan satu per satu hadiah yang berada dalam bungkus kado dan amplop tersebut diperoleh dan diturunkan oleh tim yang menang. Tak lupa bendera merah-putih yang dipancangkan di puncak turut dikibar-kibarkan bergantian.(Novaldi Herman/Dodi Syahputra)

Padang Samuik – HUT RI 72 – Minum Susu dalam Botol Bayi

Padang Samuik – HUT RI 72 – Keriuhan Warga yang Menonton

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*