U​pacara Sumpah Pemuda Yang Bertemakan Perangi Narkoba Berlangsung Hikmad

 

Advertisements
Bupati Lima Puluh Kota Alis Marajo menandatangani pernyataan bersama perang terhadap narkoba.

Bupati Lima Puluh Kota Alis Marajo menandatangani pernyataan bersama perang terhadap narkoba.

Limap​uluh Kota, PADANGTODAY.com-Upacara peringatan hari Sumpah Pemuda di GOR Singa Harau Kabupaten Lima Puluh Kota, Selasa (28/10) berlangsung hikmat. Bertindak sebagai pembina upacara Bupati Lima Puluh Kota Alis Marajo.

Dalam rangkaian acara itu juga digelar penandatanganan pernyataan bersama perang terhadap narkoba. Pembubuhan tandatangan di atas kain putih berukuran 28 meter itu dimulai Bupati disusul unsur Muspida, para pejabat di lingkungan Pemkab setempat, generasi muda, serta ratusan siswa sekolah dan berbagai unsur lainnya.

Menjawab pertanyaan wartawan usai upacara, Bupati mengatakan, Narkotika dan obat terlarang sangat membahayakan kecerdasan masyarakat. Terkait dengan itu diminta kepada para guru seperti yang mengajar IPA dapat mengenalkan Narkoba itu secara kimiawi serta meningkatkan masalah pendidikan mental dan keimanan siswa.

Begitu juga terhadap jajaran pemerintah daerah dan komponen Muspida agar tetap mendukung perang terhadap Narkoba ini. Artinya, semua pihak diminta benar-benar sepakat dan berkomitmen memerangi Narkoba.

“Mari kita perangi Narkoba hingga ke akar-akarnya dan ciptakan kondisi yang aman dan tentram, “papar Bupati.

Sebelum dalam sambutan Menteri Pemuda dan Olah Raga yang dibacakan bupati dikatakan, setiap kali memperingati hari sumpah pemuda, yang terbayang adalah heroisme tanpa kenal lelah para pemuda untuk mendeklarasikan gagasan perjuangan dan mewujudkan ide cemerlang tentang negara Indonesia.

“Dalam sejarah perjuangan bangsa, hari sumpah pemuda merupakan momentum historis yang teramat penting dan menjadi bagian tak terpisahkan dari mata rantai perjuangan bangsa kita, “ujar Menteri Pemuda dan Olah Raga seperti yang dibacakan Bupati.

Usai penandatangan pernyataan bersama, acara dilanjutkan dengan ziarah dan tabur bunga sekaligus peletakan batu pertama pemugaran makam Damhoeri di Jorong Lurah Bukik Nagari Saborang Aie Kecamatan Lareh Sago Halaban.

Dalam penyampaiannya di makam tersebut Bupati menjelaskan, A Damhoeri merupakan tokoh pemuda yang memiliki pengetahuan, semangat pengabdian, nasionalis yang idealis, guru, budayawan serta seorang penulis.(malin​)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*