Ubah Google Play Jadi File APK, Ini Caranya

Cara Download File Apk Dari Google Play tau Play StorePADANGTODAY.com – Kini bisa mengubah aplikasi hasil download dari Google Play ke dalam file format APK, terutama jika Anda memiliki lebih dari satu smartphone Android. Memiliki aplikasi dalam bentuk file APK juga berfungsi saat aplikasi aslinya dibuang dari Google Play Store. Seperti kisah game populer Flappy Bird.

Advertisements

Banyak pengguna smartphone Android yang biasanya tidak mau repot-repot mengunduh sebuah aplikasi dari Google Play Store. Mereka cenderung suka mencari file berformat APK yang bayak terdapat di forum-forum dunia maya. Terlebih file-file tersebut lebih mudah untuk dibagi dan diinstal ulang jika terjadi apa-apa pada smartphone kesayangan.

Cara mengubah sebuah aplikasi hasil instal dari Google Play ke file APK pun cukup mudah, namun cara ini hanya bisa dilakukan pada aplikasi gratis saja. Aplikasi-aplikasi berbayar biasanya sudah diproteksi agar tidak mudah untuk disebarluaskan.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka Google Play Store dan mengunduh aplikasi yang Anda inginkan. Jika Anda memilih untuk mendownload aplikasi besar, ada baiknya untuk menggunakan koneksi internet dari Wi-Fi agar proses download menjadi lebih cepat dan stabil.

Langkah kedua adalah mengunduh aplikasi ‘APK Extractor’ yang juga tersedia gratis di Google Play Store. Kemudian buka APK Extractor untuk memilih aplikasi yang ingin Anda ubah menjadi file berformat APK. Untuk memilih lebih dari satu aplikasi, Anda harus menekan aplikasi-aplikasi tersebut dalam waktu yang lebih lama.

Setelah proses pengubahan aplikasi selesai, file-file APK dari aplikasi yang Anda pilih sudah tersedia di sebuah folder di memori internal dengan nama folder ‘ExtractedApks’. Selesai! Kemudian Anda sudah bisa membagi aplikasi berformat APK tersebut ke smartphone Android lain Anda.

Perlu diketahui bila terdapat aplikasi yang menjadi tidak stabil saat diinstal ketika aplikasi tersebut meminta download tambahan saat proses instal berlangsung. Sementara aplikasi yang meminta download tambahan saat proses instalasi selesai dapat bekerja dengan baik, Phone Arena (14/09).(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*