Uda Uni Kota Padang Panjang Dinobatkan Pada Malam Puncak FSM Ke XII

Padang Panjang, Padang-Today.com – Pada malam puncak penutupan Festival Serambi Mekkah (FSM) ke XII, Kamis malam (13/9) lalu sekaligus penganugrahan Uda Uni Kota Padang Panjang berlangsung dengan meriah.

Dimalam penganugerahan, keluar sebagai pemenang Uda dan Uni duta Wisata Kota Padang Panjang Tahun 2018 Hanafi Saputra mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP) dan Edelwis Puspa Kencana Putri mahasiswi Universitas Andalas (Unand).Malam penganugerahan itu sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, bahkan hal tersebut baru pertama kali ada di Kota Padang Panjang dan di Sumatera Barat (Sumbar) ini, yakni finalis uda uni dari remaja yang berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas.

Indah Triwahyuni namanya, ia seorang penyandang Tuna Rungu tapi berhasil mendapatkan penobatan sebagai Uni Spesial Acievment Duta Wisata Kota Padang Panjang dari SMA N 3 Padang Panjang.

Wakil Walikota Padang Panjang, dr. H. Mawardi, MKM yang hadir pada malam itu turut memberikan apresiasi kepada Indah, ia berharap remaja pada umumnya dapat termotivasi dengan semangat Indah.

“Ini luar biasa sekali, kita sangat mengapresiasi semangatnya Indah, anak remaja pada umumnya belum tentu bisa seperti ini, namun ia yang berkebutuhan khusus berani tampil dengan kekurangannya. Kita berharap remaja pada umumnya dapat termotivasi dengan semangat Indah, dan kita juga berharap anak-anak penyandang disabilitas lainnya dapat mengikuti jejak Indah ini,” tutur Mawardi

Dan dengan terpilihnya Uda Uni Duta Wisata Kota Padang Panjang tahun 2018, Mawardi berharap Uda Uni dapat memberi pengaruh signifikan terhadap masyarakat Kota Padang Panjang, dan dapat menarik wisatawan luar maupun local untuk datang ke Padang Panjang.

“Uda dan Uni yang terpilih, harus bisa mencerminkan sikap dan prilaku atau akhlak yang sesuai dengan Sumatera Barat atau sesuai dengan ajaran Minangkabau, dan menjadi contoh untuk generasi muda lainnya. Selain itu, Uda Uni juga dituntut untuk bisa menarik wisatawan dari luar, sehingga Padang Panjang menjadi tujuan wisata di Sumbar,” harap Mawardi.

Senada dengan itu, terkait Uni penyandang Disabilitas Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Panjang Hendri Fauzan, AP. M.Si melalui Sekretaris Drs. Dalius menyampaikan, bahwa hal tersebut bisa menjadi konsep wisata Kota Padang Panjang kedepannya.

“Ini bisa kita jadikan sebagai konsep wisata di Kota Padang Panjang, bahwa anak yang keterbatasan fisik masih punya peluang dalam berbisnis di pariwisata, mereka bisa jadi gaet, pelaku bisnis pariwisata, dan lainnya. Dan dengan munculnya Indah kita harap anak penyandang disabilitas lainnya dapat termotivasi, karena keterbatasan fisik dan kemampuan secara tubuh itu tidak menghalangi mereka untuk berprestasi dan menunjukan kemampuan- kemampuan mereka,” harap Dalius.

Lebih lanjut Dalius berharap kepada Uda Uni terpilih untuk dapat menggaet pariwisata kedepannya, sehingga menjadikan Padang Panjang sebagai tujuan wisata di Sumbar. “Kita juga sudah punya kajian, bahwa Padang Panjang itu dalam waktu 5 tahun harus menjadi kota festival, dan tentu ini merupakan tugas duta wisata yang akan mempromisikan, karena merekalah garda terdepan kita,” jelas Dalius.

Untuk Uda Uni favorit dinobatkan kepada Fajar Aditya Idris dan Adela Savala yang merupakan pelajar dari SMA N 1 Padang Panjang. Sedangkan untuk Uda Uni Duta Pemberdayaan dinobatkan kepada Fajar Aditya Idris pelajar SMA N 1 Padang Panjang, dan Yeni Octavia mahasiswi dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

Sementara untuk Uda Uni Inteligensia dinobatkan kepada Nofebfri Rusma, mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang, dan Salsabila Oneal Dhiya Ulhaq pelajar SMA N 2 Padang Panjang. Dan Uda Uni berbakat dinobatkan kepada Ilham Rifandi Mahasiswa Pasca Sarjana ISI dan Sandra Desfi pelajar SMA N 3 Padang Panjang.

Sedangkan untuk Uda Uni wakil satu dinobatkan kepada Wira Cika Mahesa, mahasiswa Unand dan Dini Assyifa pelajar SMA N 1 Padang Panjang. Sementara Uda Uni Wakil Dua dinobatkan kepada Arya Yogi Ananda mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat dan Adela Savala pelajar dari SMA N 1 Padang Panjang. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas