UKS dan Kafetaria Bagian Penting di Sekolah

mahyeldi sekolah

PADANG,PADANGTODAY.COM – Unit Kesehatan Sekolah (UKS) dan kafetaria merupakan bagian terpenting yang harus ada di sekolah. Sehingga lingkungan yang sehat hadir di sekolah. Demikian antara lain dikatakan Walikota Padang, H. Mahyeldi Dt Marajo saat menjadi inspektur upacara di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Padang, Senin (11/4).
“Sekolah harus menjadi tempat yang menyehatkan,” kata Mahyeldi.
Walikota melihat, saat ini dalam pembangunan sekolah kerap tidak memerhatikan perencanaan lingkungan sekolah. Seperti letak UKS dan kafetaria.
“Selama ini kita sering alfa. Padahal itu merupakan syarat kesehatan bagi siswa dan masyarakat sekitar,” ungkap Walikota.
Walikota menekankan, sekolah mesti menghadirkan lingkungan yang baik. Sekolah diharapkan menjadi tempat menyenangkan bagi siswa. “Karena sekolah merupakan tempat menciptakan orang besar. Menyiapkan orang yang bermoral, berakhlak dan berkarakter, karena itu perlu didukung dengan lingkungan kondusif, sehat dan menyenangkan,” beber Walikota.
Walikota menyebut, setiap sekolah diharapkan untuk mengawasi dan memeriksa makanan yang dibuat di kafetaria sekolah. Apakah makanan yang dimasak terdapat zat yang baik atau tidak. “Sekolah dan Dinas Pendidikan mesti memasukan perencanaan ini,” ujar Mahyeldi.
Walikota menceritakan, pernah suatu kali dirinya diundang oleh suatu Kementerian untuk hadir dalam sebuah acara. Ketika itu panitia dari Kementerian mengajak seluruh undangan untuk makan siang di sebuah kafetaria sekolah. “Ini artinya makanan yang terdapat di kafe sekolah itu tidak saja layak dikonsumsi oleh siswa, tetapi juga tamu internasional. Dan tentunya memenuhi syarat kesehatan,” ungkap Walikota.
Tidak saja menyinggung UKS dan Kafetaria, Walikota juga menekankan pentingnya taman di sekolah. Sebab, taman merupakan ‘obat’ manjur bagi guru dan siswa. “Kenapa keberadaan taman baik bagi sekolah? Sebab, ketika siswa dan guru diperas otaknya di sekolah tentunya sangat melelahkan. Cara menyegarkan pikiran kembali dianjurkan memandang bunga-bungaan dan daunan hijau,” pungkas Walikota.
Sementara di sisi lain, Walikota Padang mengaku terpesona dengan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Padang. Hal yang memesonakan Walikota kepada sekolah tersebut diantaranya yakni pelaksanaan upacara yang begitu khidmat dan bersahaja. Walikota mengaku pelaksanaan upacara di sekolah tersebut hampir sama dengan di Istana Negara. “Pengibaran bendera serasa di Istana Negara. Rapi, serentak dan penuh semangat. Saya yakin suatu saat ada siswa di sini yang mewakili Sumbar sebagai pengibar bendera merah putih di Istana Negara,” tutur Walikota.
Usai menjadi inspektur upacara, Walikota kemudian meninjau UKS sekolah tersebut. Walikota melihat kondisi UKS yang begitu asri. UKS MAN 2 Padang mewakili Sumbar ke tingkat nasional pada tahun ini.(can/ch)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*