Ulah Video Tik Tok Warga Binaan, Kalapas Pariaman Di Non Job kan

Padang-today.com – Kantor Wilayah Kementerian hukum dan ham Sumbar berikan sanksi pada “EJ”Kepala Pemasyaratan, (Kalapas), kepala pengamanan serta pegawai Lapas Kelas IIB akibat ulah vidio warga binaan disebuah aplikasi tik tok viral di media sosial.

Advertisements

“Telah diambil langkah yakni sanksi tegas baik pada pejabat, kepala keamanan maupunn pegawai,”kata Kepala Kanwil Kemenkumham Sumbar, R Andika Dwi Prasetya di Padang.

Langkah awal, tambah Andika Dwi Prasetya, kalapas dan kepala keamanan dan petugas penjagaaan dan pengawal di Lapas Kelas IIB ditarik ke Kanwil Hukum dan HAM Sumbar guna proses penyelidikan terkait beredarnya video warga binaan di konten medsos yakni tik tok.

“Untuk sementara telah ditunjuk PLh Kalapas dan Kepala Penjagaan dan pengawalan lembaga pemasyaratan itu,”jelas

Dia menambahkan, selain itu, Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sumbar juga memberikan sanksi pada napi yang ada dalam video tik tok yakni mencabut hak mereka baik remisi maupun hak lainnya.

“Napi juga diberikan sanksi lainnya yakni sel isolasi. Tiga orang perempuan tersebut sudah dipindahkan ke Lapas di Padang,”ucap dia.

Menurut dia, penggunaan alat komunikasi berupa handpone dilarang sesuai peraturan di lembaga pemasyaratan.

“Penggunan hp dilarang bagi warga binaan, apa lagi sampai buat video di aplikasi tik tok oleh warga binaan di dalam lapas, bahkan video banyak ditonton semua lapisan masyarakat,”sebut dia.

Dia menyebutkan, dari keterangan baik kalapas maupun kepala penjagaan, video tersebut di buat warga binaan pada Tahun 2020.

“Sedangkan handphone yang digunakan untuk membuat video sudah di musnahkan saat tertangkap razia oleh petugas lapas,”imbuh dia.

Sebelumnya beredar video warga binaan Lapas Kelas IIB Pariaman di aplikasi Tik Tok. Video itu tersebar di Facebook, dengan nama akun Karantina Pariaman, yang diunggah pada Selasa (23/3). Akun FB tersebut diposting tiga video tik tok, isi kontennya memperlihatkan warga binaan Lapas Kelas IIB Pariaman asik bergoyong.

Dalam video terdapat sejumlah warga binaan perempuan dan satu warga binaan laki-laki berjoget bersama dengan durasi video bervariasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*