Ulang Tahun Emas Kesehatan di Payakumbuh, Dari Senam Massal ke Dendang Berhadiah

Senam Massal dalam rangka peringatan HKN ke 50 di Kota Payakumbuh.

Senam Massal dalam rangka peringatan HKN ke 50 di Kota Payakumbuh.

Advertisements

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-50 atau ulang tahun emas di Payakumbuh, cukup semarak. Selama dua pekan ini, jajaran Dinas Kesehatan, mulau dari puskesmas, RSUD dr. Adnaan WD hingga Klub Jantung Sehat dan Forum Kota Sehat kota ini, bersinergi melakukan kegiatan sosial dibidang kesehatan. Sementara itu, iven pendukung lainnya digelar, mulai dari senam massal hingga ke dendang berhadiah, dengan puluhan door prize dan hadiah utama sepeda motor.

Gelar acara dendang berhadiah atau kim digelar di halaman Kantor Dinas Kesehatan di Jalan Pahlawan Payakumbuh, Sabtu (15/11) malam. Hadiah utama berupa sepeda motor jenis Honda Rivo, jatuh ke tangan masyarakat Riski, 23 th warga kelurahan Sungai Durian, Kecamatan Lamposi Tigo Nagori bersama Indra Is, 33 th, warga Kelurahan Labuh Basilang, Payakumbuh Barat. Kim yang melibatkan ribuan masyarakat itu, juga menyediakan ratusan hadiah door prize, alat-alat rumah tangga lainnya.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi dan Wakil Wakil Walikota H. Suwandel Muchtar, memberikan apresiasi terhadap jajaran kesehatan Payakumbuh. Pasangan F-Wan ini, memberikan nilai positif terhadap kinerja Dinas Kesehatan yang dipimpin Elzadaswarman, SKM, MPPE itu. Sambil meminta, seluruh jajaran kesehatan tak pernah merasa puas dalam memberikan pelayanan kepada publik, ucap walikota diwakili Sekdako H. Benni Warlis, sebelum berlangsung senam massal jantung sehat di GOR Kubu Gadang, Minggu (16/11).

Senam massal jantung sehat itu melibatkan sekitar 3.000 peserta, mulai dari lansia, klub jantung sehat, Forum Kota Sehat, masyarakat kelurahan, jajaran puskesmas, dinkes serta jajaran rumah sakit. Sementara itu, Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf. Trisno Widodo dan Kapolresta AKBP Yuliani, SH, Sekdako Benni Warlis beserta pimpinan SKPD, perwira dan anggota TNI/Polri/Korpri, juga ikut senam jantung sehat.

Sepekan sebelumnya di tempat yang sama, ribuan murid SD/MA bersama Walikota Riza Falepi dan Ketua Klub Jantung Sehat Sumatera Barat Armyn An, juga melakukan senam lompat tali, dalam rangkaian HKN tersebut.

Selain olahraga kebugaran, dalam rangkaian HKN ini, sejak awal November Dinkes juga menggelar kegiatan pelayanan kesehatan gratis di puskesmas serta pemeriksaan kesehatan mata pelajar Payakumbuh, melibatkan dokter spesialis mata yang ada di Payakumbuh. Sementara itu, pihak RSUD Adnaan WD, juga menggelar sepakbola antar rumah sakit tingkat Sumatera Barat serta pertandingan tenis meja dan bola voli serta senam internal.

Usai senam massal di Poliko, Minggu pagi itu, Dandim Trisno Widodo bersama Kapolresta Yuliani, mengajak warga kota untuk menyukseskan kampanye tidak merokok. Sementara itu, Sekdako Benni Warlis, memberikan terapi terhadap warga yang ingin berhenti merokok, dengan cara menotok di bagian kepala dan dibeberapa titik bagian tubuh. Hanya dalam hitungan 10 menit, orang yang diterapi langsung mengatakan, rokok terasa pahit dan tak enak.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*