Ulil Amri, Hoax Menghambat Demokrasi

Padang-today.com___Dalam Rapat Koordinasi Bawaslu Kota Pariaman, Sumbar, dalam menyambut pemilihan umum 2019 yang digelar hari ini, Kamis, 28-02-2019 di Aula Joyo Makmur, Pariaman, mengundang para tokoh lintas partai, LSM, dan sejumlah awak media didaerah itu.

Koordinator acara Syaiful Hasdi mengatakan, rapat koordinasi digelar untuk merembuk penyelenggaraan Pemilu 2019 yang aman dan sejuk.

Maka, sejumlah stakeholder diminta bersama-sama mengantisipasi kisruh yang terjadi di masyarakat.

“Mengantisipasi terjadinya kabar bohong atau hoax, fitnah, dan ujaran kebencian dalam masyarakat,” katanya.

Forum yang berlangsung sejak pukul 09.00 WIB ini diikuti 50 peserta. Hadir di antaranya KetuaPWI, Tk. Daman Huri, Pangwascam se Kota Pariaman, LKAAM, Sejumlah Partai yang ada di Kota Pariaman serta awak media yang ada didaerah itu.

Ia berharap kegiatan itu akan memberi pengaruh positif bagi masyarakat luas, khususnya yang tinggal di Kota Pariaman dan sekitarnya.

“Antusias dari para tokoh agama dan masyarakat mampu menjaga silaturahmi Kamtibmas,” ucapnya.

Seluruh stakeholder dan elemen masyarakat pun diimbau terus bekerja sama mengawasi jalannya pemilu yang secara serempak dilaksanakan pada 17 April 2019.

Terakhir, ia menegaskan seluruh elemen masyarakat mengantisipasi potensi bentrokan dan isu hoax yang berkembang saat ini.

Ulil Umri, Devisi Pengawasan Hubungan Masyarakat, Bawaslu Kota Pariaman mengatakan, dengan di gelarnya acara tersebut dapat menekan bahaya hoax dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum ‘Pemilu’ 2019 yang dilangsungkan pada 17 April 2019.

” Bahaya Berita Hoax dan Ujaran Kebencian dapat menghancurkan berkembangnya demokrasi dinegara kita ini,” kata dia.

Selain itu, digelarnya acara tersebut semua elemen masyakat dapat membantu mengawasi pelaksanaan pemilu untuk memastikan pemilu berlangsung sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Terakhir, acara rapat koordinasi ia berharap agar semua peserta yang hadir Bersama Masyarakat dan Bawaslu tegakkan keadilan Pemilu.

Ketua PWI Kota Pariaman, A. Damanhuri, mengaskan, untuk mensukseskan pemilu 2019, perlunya peran media massa dalam berpartisipasi pada penyelengara pemilu tersebut.

Media massa selain berfungsi menginformasikan juga berfungsi sebagai alat untuk mempromosikan, pendidikan, hiburan, propaganda, sosial atau kemanusian dan fungsi pengawasan atau fungsi kontrol.

Media massa, selain mempunyai kekuatan untuk mempengaruhi agenda media kepada agenda publik.

Artinya, media massa itu perkasa dan memiliki kemampuan untuk mempengaruhi khalayak. (suger)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas