UNP Kuliah Umum, Chairul Tanjung: Mahasiswa Jangan Cari Pekerjaan

UNP Kuliah Umum, Chairul Tanjung: Mahasiswa Jangan Cari Pekerjaan

UNP Kuliah Umum, Chairul Tanjung: Mahasiswa Jangan Cari Pekerjaan

Padang, PADANG-TODAY.com-Lulusan Universitas Negeri Padang (UNP)jangan mencari pekerjaan, akan tetapi memberikan pekerjaan bagiorang lain. Caranya dengan mempersiapkan diri menerima tantangan di era millennia saat ini dengan menjadi seorang entrepreneur muda.

Hal ini dikatakan Pemimpin CT Corp, Prof. DR (HC) DRG. Chairul Tanjung, MBA, saat memberikan kuliah umum di Gedung Olah Raga (GOR) UNP Kamis (19/5/2017) sore dengan tema ‘Entrepreneur Unggul’.

“Saat ini kita sedang memasuki milenium era atau era genersi milenia dan digital. Tentu ada tantangan yang luar biasa yang nanti akan dihadapi. Dimana semuanya akan bermuara kepada penggunaan internet, termasuk dalam entrepreneur yang juga memanfaatkan internet,” katanya.

Lanjutnya, dengan kondisi ini perlu membeli masa depan dengan harga sekarang. Dimana perlu menyiapkan strategi dan juga trik untuk menjadi entrepreneur unggul agar bisa mengantisipasi keadaan yang ada.

Saat ini ucap Chairul Tanjung, ada dua perubahan besar yang terjadi, yaitu perubahan demografi dan perubahan teknologi. Untuk perubahan demografi, Indonesia akan mendapat bonus demografi. Dimana ada 70 persen penduduk berusia produktif yang ada.

“Bisa dikatakan orang indonesia masuk ke dalam kategori orang kaya baru. Dimana lebih suka belanja daripada menabung. Makanya comsumtion kita saat ini menyumbang 65 persen dari GDP 2016,” katanya di depan Mantan Menteri Pendidikan, M Nuh, dan Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit.

Perubahan yang dapat dilihat yaitu, sekarang era sudah berubah dari Bisnis to Bisnis (B to B ke Bisnis to Consumtion (B to C), dan masa depan itu Comsumtion to Comsumtion (C to C).

“Melihat perubahan ini bisnis yang paling baik yaitu bisnis yangberhubungan langsung dengan konsumen. Seperti, bisnis makanan, hiburan, fashion, dan permainan dan bisnis apa pun yang berhubungan langsung dengan konsumenakan. Karena porsi berbinis dengan pemerintah itu hanya 9,5 persen,” ungkapnya di depan ribuan mahasiswa dari Perguruan Tinggi se-Sumbar, anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Sumbar dan Kota Padang.

Dalam kesempatan itu CT panggilan akrab pria bertubuh tinggi ini juga memberikan langkah untuk menjadi entrepreneur muda. Dimana seorang pengusaha muda itu harus bisa berorientasi masa depan, dispilin, detail, perfeksionis, bisa membaca peluang, dan juga dapat menciptakan peluang. “Tinggal sekarang, siapa yang berani menerima tantangan itu,” pungkasnya.

Sementara itu, Rektor UNP, Prof Ganefri, mengatakan, kedatangan CT didampingi istri dan CEO Transcorp, Doni Oskaria, ke UNP merupakan sebuah kebanggaan bagi UNP. Dimana diharapkan dengan hadirnya CT ini akan membangkitkan semangat mahasiswa UNP untuk menjadi seorang entrepreneur muda.

“Apalagi dengan materi yang diberikan dalam membaca peluang atau pun membuka peluang usaha diarapkan dapat memacu semangat entrepreneur muda di UNP,” katanya.

UNP pun saat ini kata Ganefri telah menjadikan mata kuliah entrepreneur menjadi mata kuliah wajib di UNP. “Semoga dengan kedatangan Bapak CT akan dapat membantu UNP menjadi universitas entrepreneur,” ujarnya.

Permintaan itu pun langsung ditanggapi CT dengan menyatakan dukungannya untuk menjadikan UNP entrepreneur university. “Saya siap dukung perubahan itu,” tutur CT.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*