UNS Beri Gelar Kehormatan Doktor Honoris Causa Kepada Wartawan Senior Jacob Oetama

JakobOetama2010Jakarta, PADANGTODAY.com – Pemberian gelar dilakukan di Graha Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), disaksikan oleh Mendikbud Mohammad Nuh, Jumat (05/09/2014).Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) memberikan gelar kehormatan Doktor Honoris Causa (Dr. H.C) kepada salah satu wartawan senior yang juga pendiri Koran Kompas Gramedia, Jacob Oetama.
Jacob Oetama diberi gelar kehormatan bidang jurnalistik. Menurut sekretaris tim promotor UNS, Suntoro, pemberian gelar ini merupakan penghargaan kepada karya-karya Jacob di bidang jurnalistik yang sudah lama dikenal dan dijadikan rujukan untuk penulisan buku, paper, tesis, maupun disertasi. Dan belakangan, Jacob menawarkan gagasan yang penting dalam dunia jurnalisme yaitu pemikirannya tentang jurnalisme makna.

“Inti dari jurnalisme makna adalah karya jurnalistik tidak bisa hanya menyajikan fakta atau urutan fakta-fakta. Harus diberikan juga konteks, latar belakang, juga interpretasi berita yang diberitakan. Disana ada kerja intelektual, dimana dibutuhkan keluasan referensi, dan pengalaman,” katanya.

Dalam sidang senat terbuka pemberian gelar kehormatan ini, Jacob Oetama diwakili oleh Irwan Oetama dan keluarga lainnya. Kehadirannya tidak dapat disaksikan secara langsung mengingat kondisi kesehatannya yang kurang baik. Namun demikian, tidak mengurangi kekhidmatan prosesi dan makna penghargaan ini.

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Irwan Oetama, Jacob menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepadanya. Sebagai pelaku media, ia melihat media ikut dalam proses demokratisasi. Media, katanya, tidak hanya ambil bagian dalam proses pencerahan dan mencerdaskan, tapi juga penyadaran bersama tentang kemerdekaan. “Media dituntut jadi pasar gagasan, ide, dan kompetisi,” tulisnya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada Jacob Oetama yang telah menerima gelar kehormatan yang diberikan oleh UNS. Ia mengatakan, Jacob pantas mendapatkan penghormatan semacam ini, karena dedikasinya yang luar biasa di bidang jurnalistik. “Beliau sudah seumur hayat mengabdikan hidupnya untuk jurnalisme,” katanya.

Dan kepada UNS, Mendikbud juga menyampaikan apresiasi karena telah ikut membudayakan tradisi apresiatif konstruktif. “Biasakan memberi apresiasi kepada siapapun yang berprestasi dan berkontribusi untuk negara ini,” katanya. (md/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas