UPAYA PENINGKATAN KESEHATAN REPRODUKSI PADA REMAJA PUTRI DI SMP NEGERI 20 KELURAHAN MATA AIR PADANG 

FKM UNAND dan Kelurahan Mata Air Lewat Program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) Membangun Desa

Tim pengabdian masyarakat group 6: Bidang Ilmu Kesehatan Reproduksi

Suci Maisyarah Nasution, SST., MKM (Dosen Pembimbing)

Afifah Salsabila (Mahasiswa)

Hanadia Charlina (Mahasiswa)

Nailatul Fadhilah Arisya (Mahasiswa)

Syintari Anugrah Illahi (Mahasiswa)

Jum’at 2 Desember 2022

Kesehatan Reproduksi Remaja dapat diartikan sebagai kondisi sehat pada sistem, fungsi dan proses reproduksi, baik dari segi mental , fisik dan sosial kultural. Namun, pada saat ini tidak sedikit orang, baik dikalangan remaja ataupun dewasa yang masih menganggap tabu akan hal-hal yang berkaitan dengan reproduksi, sehingga hal tersebut memicu rasa tidak nyaman ketika membahasnya, bahkan menghindari topik-topik seperti itu. Stigma ini apabila terus dibiarkan dan tetap berkembang di lingkungan masyarakat juga akan mengahasilkan dampak serius dalam jangka panjang. Maka dari itu sebagai generasi penerus bangsa di masa depan, remaja diharapkan mengetahui dan memiliki informasi terkait bagaimana pentingnya menjaga dan meningkatkan kesehatan reproduksi.

Tim pengabdian masyarakat MBKM (Merdeka Belajar- Kampus Merdeka), Membangun Desa yang bekerjasama dengan kelurahan mata air. Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Universitas Andalas (UNAND). Melakukan sosialisi ke sekolah SMP Negeri 20 kelurahan mata air Padang mengenai edukasi dan upaya peningkatan kesehatan reproduksi saat menstruasi pada remaja putri. Group 6 program MBKM bidang Kesehatan Reproduksi yang beranggotakan Afifah Salsabila, Hanadia Charlina dan Nailatul Fadhilah Arisya, Syintari Anugrah Illahi (Mahasiswa) yang dibimbing dan didampingi oleh Suci Maisyarah Nasution SST, MKM (Dosen Pembimbing)

Kegiatan ini dimulai sejak Oktober, yang diawali dengan mengidentifikasi potensi serta menangani masalah sehingga diharapkan mampu mengembangkan potensi wilayah melalui pemerintah desa  maupun masyarakat. Tim mahasiswa melakukan observasi kesekolah serta mengamati permasalahan dasar Kesehatan reproduksi pada murid sekolah, seperti personal hygiene, gizi kesehatan reproduksi, psikologi kesehatan reproduksi dan infeksi saluran reproduksi.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan memberikan edukasi dengan metode caramah dan media cetak berupa banner edukasi kesehatan Reproduksi yang nantinya bisa dimanfaatkan pihak sekolah secara berkelanjutan, yang dihadiri oleh Siswi putri kelas VII SMP Negeri 20 Padang. Materi yang disampaikan kepada remaja putri terkait dengan Psikologi Kesehatan Reproduksi, Gizi Kesehatan Reproduksi, Infeksi Saluran Reproduksi, dan Hygiene Kesehatan Reproduksi dengan fokus topik tentang menstruasi. Para peserta terlihat antusias akan materi-materi yang disampaikan oleh narasumber dan mampu terlibat secara aktif, sehingga kegiatan penyuluhan ini berlangsung dengan sistem dua arah. Tidak hanya berupa materi yang disampaikan tetapi juga adanya percontohan dengan alat peraga yang membantu peserta agar lebih memahami hal yang disampaikan Mahasiswa.

            Penyampaian materi sangat informatif mengingat remaja putri sering kali merasa malu apabila membahas tetang menstruasi, terutama bagi mereka yang baru pertama kali. Menstruasi yang masih dianggap sebagai topik tabu untuk dibahas, menimbulkan kurangnya pengetahuan sebagian besar remaja tentang cara pengolahan kebersihan dan kesehatan saat periode menstruasi.

            Diharapkan setelah pemberian penyuluhan dan juga edukasi tersebut, para remaja di kelurahan Mata Air dapat lebih peduli akan pentinggnya manajemen kebersihan menstruasi, dan selalu menerapkannya dalam keseharian. Remaja sekitar juga diharapkan lebih banyak mendapatkan informasi tentang kesehatan reproduksi lainnya.

Waka Kurikulum SMP Negeri 20 Padang ibu Efismarni, S.Pd menyambut baik kegiatan tersebut, dan senang dengan adanya kegiatan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unand, karena mereka sangat memerlukan info kesehatan yang terarah dan benar dari sekolah, sehingga perlu support dari berbgai pihak untuk sekolah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*