Update Covid-19, Kota Pariaman Terjadi Lonjakan Positif

Padang-today.com – Pemerintah Kota Pariaman menggelar tes swab Covid-19 di halaman Balai Kota Pariaman yang dimulai pada hari Senin, 24 Agustus hingga 2 September 2020.

Terkait dengan adanya ASN (Aparatur Sipil Negara) Sekretariat Daerah Kota Pariaman yang terkonfirmasi positif, Kepala Dinas Keaehatan Kota Pariaman, Syahrul menginstruksikan seluruh jajaran Pegawai Pemko Pariaman untuk dilakukan tes swab.

Hasil tes swab 59 pegawai Pemko Pariaman telah keluar, dan diketahui 3 orang positif. Hal tersebut disampaikan beliau ketika mengunjungi posko tes swab di Balai Kota Pariaman, Kamis (27/8).

“Stelah dilakukan uji sample di Fakultas Kedokteran Laboratorium UNAND, mereka mengeluarkan hasilnya dengan nomor surat 815/08/PDRPI-FK/2020 tertanggal 26 Agustus 2020, dimana sebanyak 59 ASN dan non ASN yang diambil swab pada hari senin yang lalu, kesemuanya diketahui 3 orang positif,” kata Syahrul.

Pemeriksaan tes swab jajaran Pemerintah Kota Pariaman ini dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Pariaman secara berkala hingga beberapa hari ke depan. Untuk tes swab pertama dilaksanakan pada hari senin yang lalu (24/8).

“Pengambilan tes swab ini, sebagai langkah antisipasi kita untuk memutus penularan di jajaran Pemerintah Kota Pariaman, apalagi yang positif tersebut adalah dilingkungan kantor Balaikota Pariaman,” ujarnya.

Ia menghimbau kepada pegawai Pemko Pariaman, baik ASN maupun non ASN, untuk jangan takut diambil swab karena kita tidak tau apakah tubuh kita juga tertular dari pasien positif tersebut.

ia juga menginstruksikan untuk pengambilan swab di jajaran Pemko Pariaman ini agar dapat diikuti oleh seluruh pegawai ASN, non ASN, serta mahasiswa magang yang bertugas di Pemko Pariaman.

“Setelah hasil Lab keluar dengan hasil 3 orang positif pada hari ini, kita tetap terus mengambil swab sebanyak-banyaknya, sehingga kita akan mendapatkan data yang akurat dan pasti tentang semua pegawai yang ada di jajaran Pemko Pariaman,” tuturnya lebih lanjut.

Ia berharap, agar tidak ada lagi yang terkonfirmasi positif tertular Covid-19 di jajaran Pemko Pariaman ini, selain itu bagi ASN yang tidak mengikuti tes swab akan diberikan sanksi yaitu Peringatan Pelanggaran Disiplin dari Kepegawaian,” ujarnya.

Sebelumnya diketahui di Kota Pariaman terpapar positif covid-19 berjumlah 44 orang diantaranya 31 dari personil Polres dan 13 orang dari masyarkat.

“pada hari ini, Kamis diketahui oleh dinas kesehatan menyebutkan 3 orang positif. Jadi artinya terjadi lonjakan untuk Kota Pariaman,” ujarnya.

Sementara Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin mengatakan, tes swab itu dilakukan agar dapat diikuti oleh seluruh pegawai ASN, non ASN, serta mahasiswa magang yang bertugas di Pemko Pariaman, dan seluruh wartawan yang ada dilingkungan pemerintah setempat. (SugeR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas