UPPKS Payolansek Buat Ibu-Ibu Negara Asia Terkesan

Salah seorang ibu-ibu peserta dari Srilanka ketika bertanya tentang tata kelola UPPKS Kelurahan Payolansek, Minggu (29/5).

Salah seorang ibu-ibu peserta dari Srilanka ketika bertanya tentang tata kelola UPPKS Kelurahan Payolansek, Minggu (29/5).

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Ibu-ibu peserta Training Course on Empowering Woman Through Familiy Planning and Economic Development Interventions (TCEWTFP-EDI) dibuat terkesan oleh kemajuan Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Serumpun Sorai. Hal tersebut dialami bu-ibu perwakilan dari sejumlah negara Asia itu saat berkunjung Kelurahan Payolansek , Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh. Mereka baru saja mengakhiri kegiatannya  di  Padang, Sabtu (28/5).

Ke-17 peserta TCEWTFP-EDI itu, berkunjung ke Payakumbuh untuk melihat dari dekat (UPPKS) Serumpun Sorai dalam mengelola usaha ekonomi produktif yang dilakukan ibu-ibu PKK kelurahan setempat.

Ketua TP-PKK Payakumbuh Dr. Hj. Henny Riza Falepi, di Balairung rumah dinas kediaman walikota di Jalan Rky. Rasuna Said Payakumbuh, Minggu (29/1), mengatakan ke-17 rombongan yang hadir adalah pejabat pemerintahan dan pelaku kegiatan pemberdayaan perempuan yang ada di negara mereka.

Ke-17 peserta itu menjalani kegiatan TCEWTFP-EDI, kerjasama BKKBN Pusat dengan The Colombo Plan, sebuah wadah kerjasama pembangunan ekonomi dan sosial di Asia Pasifik yang diadakan sejak 25 Mei 2016.

Daftar ke-17 peserta yang datang adalah: Ms. Doreen Maria  Latanya (Fiji), Ms. Pabitra Dhakal (Nepal), Ms. Nguyen Thi Hoang Bich (Vietnam), Ms. Gamage Dilinee, Ms. Asoka Alawatte, Ms. Mudhita Parera (Sri Lanka), Ms. Gayle Tatsi (Papua Nugini), Ms. Karma Choden (Bhutan),  Ms. Irin Akahter (Bangladesh), Ms. Mari Samadi (Afhghanistan), Ms. Azura Abdullah (Malaysia),  Ms. Cheryl Marie A. Malayang (Filipina), Ms. Mahufooza Waheed (Maldives), Ms. Sisavanh Detvongsone (Laos), Ms. Lieska Prasetya, Mr. Maftuh Muhtadi dan Mr. Henaldi (Indonesia).

Selama berada di UPPKS Payolansek, rombongan didampingi Ketua TP-PKK Payakumbuh Ibu Henny Riza Falepi, dalam bahasa Inggris yang pasif, menjelaskan tata kelola kelompok usaha yang dikembangkan anggota Serumpun Sorai. Mulai dari usaha industri makanan sampai kepada usaha bidang pertanian, terutama dalam memanfaatkan tanah pekarangan dan lahan produktif milik kelompok.

Menurut Ibu Henny, seorang peserta dari Afganistan, Ms. Mari Samadi, secara spontan menyampaikan apresiasinya buat UPPKS Serumpun Sorai, serta berencana mengembangkan program UPPKS yang ada di Payolansek. Menurutnya, sinergisitas  Pemko bersama TP-PKK Payakumbuh dalam mengembangkan program UPPKS di kota ini, cukup berhasil.

“Yang dipujikan tamu dari negara Asia itu, semangat ibu-ibu petani dalam mengelola usaha yang juga merupakan peserta KB aktif,” sebut Ibu Henny.(rel/dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*