UPTD Damkar Sosialisasikan Bahaya Kebakaran

Padangpanjang, PADANGTODAY.com-Salah satu upaya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (PTD) Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padangpanjang, terhadap penanganan bahaya kebakaran. Adalah, dengan mengenalkan bahaya dan penanganan bahaya kebakaran terhadap pelajar Taman Kanak-Kanak (TK) yang ada di Kota Padangpanjang.

Advertisements

Kepala UPTD Damkar Kota Padangpanjang Kasimin, S.Sos ketika ditemui kemarin menyebutkan, penanganan bahaya kebakaran perlu disosialisasikan kepada seluruh masyarakat, terutama kalangan pelajar. Apalagi, dampak dari bencana kebakaran selalu menimbulkan kerugian harta benda maupun nyawa. Sosialisasi yang kita lakukan terhadap murid-murid TK memang rutin dilaksanakan, dimana murid-murid TK tersebut bersama guru pembimbingnya diundang ke kantor UPTD Damkar.

Disini, selain memperkenalkan kendaraan operasional Damkar, kita juga mengajarkan penanganan dini bahaya kebakaran dan langkah-langkah antisipasi jika terjadi kebakaran,? kata Kasimin, yang baru dilantik sebagai Kepala UPTD Damkar sejak 3 Februari lalu.

Disampaikannya, selain memberikan sosialisasi terhadap murid-murid TK, pihaknya juga akan melaksanakan sosialiasai bahaya kebakaran tersebut kepada lembaga pendidikan lainnya, seperti SD, SMP dan tingkatan SLTA. ?Selain sosialisasi kepada pelajar, kita juga akan melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat. Dimana, kita akan menjadwalkan kegiatan pembersihan gorong-gorong dan saluran air di masing-masing kelurahan. Sebagai langkah awal, kita akan melaksanakan pembersihan di lokasi pasar Padangpanjang,? sebut Kasimin.

Dijelaskannya, untuk kawasan Pasar Padangpanjang sendiri, biasanya setelah hari pasar akan terjadi penyumbatan-penyumbatan saluran air, karena tumpukan sampah sisa dari pedagang. Dimana, sampah tersebut akan banyak dibuang ke dalam saluran air, sehingga akan menimbulkan bau yang tidak sedap. ?Kita akan berkoordinasi dengan Kantor Pengelola Pasar dan instansi terkait dalam melaksanakan penyemprotan di kawasan pasar tersebut. Termasuk juga membuat jadwal rutin untuk melaksanakan kegiatan tersebut,? ungkapnya. Untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas dari UPTD Damkar setempat, Kasimin juga mohon dukungan dan masukan dari seluruh warga Padangapanjang, termasuk juga informasi tentang pelaksanaan tugas dari lembaga yang dipimpinnya tersebut. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*