Usai Juara Umum di Sawahlunto, TP-PKK Kabupaten Solok Dilantik

.

Advertisements

* Gusmal: Pertahankan Prestasi, Jangan Jadikan Beban

.

SOLOK, PADANG-TODAY.COM

Meski baru enam bulan kepengurusan, Tim Penggerak Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Solok sudah menorehkan prestasi membanggakan. Tak tanggung-tanggung, di bawah komando Ketua TP-PKK yang baru Hj Desnadefi Gusmal, Kabupaten Solok menjadi juara umum pada Jambore PKK Terpadu Berprestasi Tingkat Sumatera Barat di Camping Ground Kandi, Sawahlunto, 3-6 Agustus 2016 lalu.

Sore tadi, Bupati Solok Gusmal melantik kepengurusan TP-PKK Kabupaten Solok masa bakti 2016-2021 di Ruang Pelangi Arosuka. Prosesi pelantikan tersebut dirangkai dengan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) VIII TP-PKK Kabupaten Solok yang berlangsung sejak tadi pagi hingga sore harinya.

Sebelumnya TP-PKK Kabupaten Solok menjadi juara umum pada Jambore PKK Terpadu Berprestasi Tingkat Sumbar di Sawahlunto setelah memenangkan beragam lomba. Mereka memenangkan lomba membuat leaflet PKK, kemudian Juara I lomba penyuluhan Pokja III dengan tema rumah sehat, lalu Juara II lomba debat Program KB, kemudian Juara II Teknologi Tepat Guna (TTG) dan Juara II lomba P3MD.

Saat pelantikan tersebut, Bupati Solok Gusmal berharap TP-PKK Kabupaten Solok tidak terlena dengan prestasi tersebut. Gusmal berharap prestasi itu menjadi awal yang baik untuk prestasi-prestasi selanjutnya. Namun Gusmal juga menekankan, yang paling penting adalah implementasinya di masyarakat.

“PKK harus selalu menjadi bagian terdepan dalam pembinaan kemasyarakatan. Terutama di tingkat paling dasar, yaitu keluarga. Kita berharap rumusan program kerja yang telah disepakati tadi bisa langsung diimplementasikan,” ujar Gusmal di hadapan peserta Rakerda.

Sementara itu, Ketua TP-PPK Kabupaten Solok Desnadefi Gusmal mengatakan Rakerda VII TP-PKK yang berlangsung sejak pagi hari hingga sore merumuskan program kerja jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek. Desnadefi berharap, seluruh jajaran TP-PKK tidak merasa berat dan tidak menganggap program kerja tersebut sebagai beban.

“Ini adalah bentuk pengabdian kita untuk daerah, masyarakat dan keluarga. Pemerintahan dan daerah yang kuat dimulai dari keluarga yang kuat. Rankerda tadi telah menghasilkan Pedoman Kelembagaan TP-PKK Kabupaten Solok, Kecamatan, dan Nagari di Kabupaten Solok. Kemudian Program Kerja PKK tahun 2016-2021 dan administrasi PKK yang baru,” ujarnya. (*)

[YANCE GAFFAR / RIJAL ISLAMY]

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*