Usai Rapat Komisi-Komisi DPRD Payakumbuh,Komisi A Rekomendasi Damkar dan Kecamatan

Fitrial BAcri Ketua Komisi A DPRD Kota Payakumbuh.

Fitrial BAcri Ketua Komisi A DPRD Kota Payakumbuh.

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Kerja keras DPRD Kota Payakumbuh bersama dengan SKPD sejak Selasa-Jum’at (18-21/11), membuahkan hasil maksimal dan berjalan dengan lancar.

Ketua komisi A DPRD Kota Payakumbuh, H. Fitrial Bachri didampingi wakil ketua Heri Iswandi dan anggota Alhudri kepada sejumlah wartawan usai rapat kerja di kantor DPRD setempat, Jum’at (21/11), mengatakan, semuanya berjalan lancar.

Berangkat dari kebersamaan dan keseriusan anggota DPRD dengan masing-masing SKPD membahas kebutuhan masyarakat itu, dapat disepakati sebanyak 12 SKPD pada komisi A untuk dilanjutkan kepada agenda selanjutnya, yakni akan dibahas nantinya oleh tim Badan Anggaran (Banggar) DPRD.

Dikatakan Fitrial, dalam rapat kerja tentang RAPBD tahun 2015 ini, tentunya ada pergesaran, pengurangan, penambahan anggaran dan sebagainya. Salah satu contoh, pada kantor Kesbang Pol dan kantor Satpol PP ditemukan kegiatannya sama dengan anggaran nyaris sama.

Setelah diuji dan dipaparkan oleh masing-masing kepala kantornya, ternyata memang sama. Maka, komisi A menetapkan anggarannya untuk Satpol PP, sedangkan untuk Kesbang Pol kita pending dulu.

Karena anggaran sudah ada di Kesbang Pol, kita harapkan kepada Pemko Payakumbuh, anggaran tersebut dapat digeser ke kecamatan untuk pembelian mobil operasional jenis Pick Up dengan kegunaan kegiatan lapangan.

“Kegiatan di kecamatan sangat padat dan sangat menyentuh kepada rakyat. Dengan terealisasinya nanti mobil operasional kecamatan, tentunya dapat pula digunakan untuk kegiatan-kegiatan lain sesuai dengan peruntukannya,”ujar mantan Camat Kebayoran itu.

Disisi lain, terhadap keberadaan kantor Arsip dan Perpustakaan, memang sangat memprihatinkan, karena belum memiliki kantor yang repsentatif. Padahal, SKPD ini adalah untuk mencerdaskan masyarakat dengan menyediakan bahan bacaan dan tempat menyimpan dokumen.

Untuk itu, komisi A merekomendasi program dan kegiatan yang direncanakan oleh kantor Arsip dan Perpustakaan. Kedepan kita harapkan, agar kantor tersebut menjadi Icon Payakumbuh, sesuai dengan harapan kita bersama.

Selanjutnya, terhadap keberadaan kantor Arsip dan Perpustakan harus kita cari solusinya, baik mengenai lokasi maupun pembangunanannya. adanya perencanaan di setiap SKPD, tentang pengadaan tanah, kita ingatkan agar berhati-hati.

Kemudian, terhadap Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), semua program yang di rencanakan pada tahun 2015 mendatang, dapat kita setujui, dengan harapan mobil Damkar dilengkapi dengan segala peralatan yang dibutuhkan.

“Selama ini, personil Damkar agak kelabakan dengan peralatan seadanya. Padahal, mereka (pegawai damkar) sudah bekerja maksimal. Namun terkendala dengan sarana prasarana. Maka, komisi A sangat berharap agar BPBD bidang Damkar membuat perencanaan untuk pengadaan peralatan, “harap Fitrial.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*