Utusan Fakultas Selingkungan UNP, Ikuti Sosialisasi SAPTO

Utusan Fakultas Selingkungan UNP, Ikuti Sosialisasi SAPTO

Utusan Fakultas Selingkungan UNP, Ikuti Sosialisasi SAPTO

Padang, PADANG-TODAY.com-Universitas Negeri Padang (UNP) melakukan sosialisasi Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) dengan menghadirkan utusan Program Studi (Prodi) selingkungan masing-masing fakultas. Sosialisasi itu dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor I, Prof Dr. Yunia Wardi, M.Sc, di Auditorium Prof. Kamaluddin Fakultas Ekonomi UNP, Selasa (23/5)

WR I UNP, Yunia Wardi mengatakan sosialisasi bertujuan untuk mensosialisasikan sistem akreditasi perguruan tinggi yang berbasis online, mulai dari prodi hingga institusi.
“SAPTO ini adalah sistem baru dari BAN-PT, yang sudah mulai berlaku sejak April 2017. Prodi dan perguruan tinggi sudah harus menggunakan SAPTO yang berbasis PDPT,” kata Yunia Wardi.

Ditambahkannya, Ketua Program Studi (Prodi) dan utusan masing-masing fakultas penting menghadiri karena Sistem SAPTO lebih efisien dibandingkan dengan sistem manual yang selama ini digunakan. Dalam penggunaan SAPTO, waktu yang digunakan lebih efisien dan lebih tersistem antara perguruan tinggi dengan BAN-PT.

Dijelaskannya, penggunaan sistem ini juga sangat hati-hati terutama dalam mengisi setiap item yang ada dalam instrumen SAPTO, karena semua data borang dalam SAPTO harus berbasis data PDPT, sehingga akan terjadi link informasi antara perguruan tinggi, BAN-PT, dan PDPT Dikti.

Pembicara yang dihadiri sekitar 50-an peserta tersebut, antara lain Drs. Aswardi, MT. Narasumber memberikan penjelasan mengenai peraturan BAN-PT terkait SAPTO, petunjuk penggunaan SAPTO dan instrumen SAPTO. Peserta juga diberikan informasi teknis cara mengakses dan submisi dokumen akreditasi melalui SAPTO.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*