Very Mulyadi Siap Bangun Sepakbola yang Sehat

Anggota Exco PSSI, Very Mulyadi saat memberikan keterangan ke wartawan

Anggota Exco PSSI, Very Mulyadi saat memberikan keterangan ke wartawan

Advertisements

PADANGTODAY.COM- Anggota exco PSSI asal Sumbar Verry Mulyadi bakal membangun sepakbola yang bersih dan disegani di dunia internasional karena prestasi.

“Sepakbola Indonesia harus berprestasi di dunia internasional. Maka,kepercayaan dari anggota ini bakal saya wujudkan dengan program yang tersusun. Selain itu saya juga mengharapkan dukungan dari masyarakat, agar sepakbola Indonesia bisa bangkit,” ujar Very Mulyadi kepada wartawan.

Memang program Very dalam membangun sepakbola tidak diragukan lagi. Mantan manajer Semen Padang U-21 ini telah membuktikan dengan membuat Akademi Sepakbola Semen Padang 2013. Akademi ini selain meraih prestasi juga mampu mencetak pemain. Beberapa pemain sudah lahir di akademi ini, salah satunya mantan punggawa timnas, Alwi.

“Untuk membentuk tim Nasional yang  tangguh diperlukan pembinaan dasar yang diberikan pelatih sejak usia dini. Teknik dasar itu sangat vital untuk perkembangan pemain kedepannya. Melalui akar rumput atau grassroots inilah cikal bakal lahirnya pemain atau Tim Nasional yang tangguh,” terangnya.

“Kalau di Indonesia, metode standar kepelatihan paling bawah adalah D Nasional, Namun di  Malaysia sudah ada pelatih Grassroots. Sistem inilah yang coba kita adopsi sehingga  pelatih-pelatih kampung atau mantan-mantan pemain setingkat Kabupaten dibekali ilmu kepelatihan sehingga bakat alam yang dimiliki seorang pemain dapat terus dikembangkan,” lanjutnya.

Untuk mendukung terobosan tersebut, Verry Mulyadi mengharapkan dukungan penuh dari PSSI, selaku induk olahraga sepakbola Indonesia menunjuk Instruktur-Instruktur untuk diturunkan ke daerah-daerah memberikan ilmu kepelatihan secara berkala, baik itu Licensi A, Lisensi B, hingga pelatih Graassroat.

“Sebagai tolak ukur dari pembinaan seorang pemain untuk membentuk  tim Nasional yang tangguh, minimal harus mengikuti turnamen resmi minimal 35 kali dalam setahun tidak temasuk ujicoba, ataupun event-event skala daerah,” terangnya.

Menyinggung tentang format kompetisi yang dijalankan PSSI selama ini, veri Mulyadi berharap kedepannya dapat disempurnakan minimal tim yang tergabung dalam kasta tertinggi saat ini yakni  ISL minimal harus memiliki 2 tim yunior,  U 19 dan U 21 untuk regenerasi pemain. (can)

One comment

  1. Maju terus biat pesepakbolaan kota padang,bawa harum nama Padang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*