Virus Ebola Berasal Dari Gigitan Kelelawar

peneliti-sebut-kelelawar-buah-jadi-penyebab-awal-epidemi-ebolaAfrika Utara, PADANGTODAY.com – Para peneliti menyelidiki penyakit ini sekitar tiga pekan. Mereka juga menangkap kelelawar diduga menyebarkan Ebola pertama kali. Selain itu para peneliti juga mengambil populasi lain ada di sekitar Desa Meliandoua, Guinea, tempat epidemi Ebola berawal pada Desember 2013.

Riset internasional membuktikan wabah virus Ebola menjangkiti sebagian besar Afrika Utara seperti Guinea, Liberia, Pantai Gading, dan Nigeria pertama kali ditularkan dari gigitan kelelawar ke seorang balita. Hal ini dikemukakan oleh 17 ahli penyakit tropis dari Eropa dan Afrika.

Bocah lelaki itu digigit dan dia menginfeksi ibunya. Seminggu kemudian keduanya meninggal. Virus menyebar cepat dan jauh termasuk menjangkiti orang yang datang ke pemakaman ibu dan anak tertular itu.

Lebih parah lagi sebagian besar juga ditularkan lewat hewan mati yang terinfeksi Ebola namun tetap dijual oleh para pemburu. Apalagi kelelawar pemakan buah juga dikonsumsi sebagai menu banyak warga Afrika.(mr/nol)