Virus HIV Bisa Dimatikan

PADANGTODAY.com – HIV merupakan virus mematikan, saat ini saja virus ini bisa menyelinap ke dalam tubuh manusia dan bersembunyi sambil mereplikasi dirinya. Tetapi untuk pertama kalinya, peneliti berhasil menemukan cara untuk menghilangkan virus penyebab penyakit AIDS ini.

Advertisements

Peneliti dari Universitas Temple, Amerika Serikat, menemukan metode penyembuhan baru menggunakan sebuah ‘editor’ virus HIV. Mereka memodifikasi terhadap bagian dari sistem imun penderita untuk membuat sebuah asam ribo nukleat (RNA) baru atau molekul sejenis DNA, Engadget (22/07).

RNA ini terdiri dari 20 bagan penyusun yang nantinya akan disuntikkan pada sel yang telah terinfeksi oleh virus HIV. Hebatnya, RNA hasil modifikasi tersebut bisa merusak susunan gen virus HIV dan mencegahnya untuk berkembang biak lewat metode replikasi atau membelah diri. Dan karena RNA tidak mengandung unsur DNA asal, sel yang telah dihinggapi oleh virus HIV bisa bebas tanpa mengalami efek samping.

Akan tetapi, virus HIV merupakan tipe virus yang sangat tinggi, masih peneliti masih memerlukan waktu untuk menyempurnakan metode ini, terutama sebelum diberikan kepada manusia. Tantangan lainnya adalah mengembangkan RNA modifikasi agar mampu ‘menghapus’ setiap virus HIV yang telah menyebar ke tubuh pasien ODHA. (m/ari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*