Vitamin D Ampuh Redakan Migrain

vitamin-d-ampuh-redakan-migrain
PADANGTODAY.com-Pada beberapa orang migrain seringkali dipicu oleh sinar matahari. Bersembunyi dari sinar matahari bisa menjadi salah satu cara untuk menyembuhkan migrain. Namun ternyata, kekurangan sinar matahari yang banyak mengandung vitamin D secara perlahan juga bisa menyebabkan migrain.

Advertisements

Sebuah penelitian mengungkap bahwa kekurangan vitamin D tak hanya berdampak bagi pengeroposan tulang, melainkan juga bisa mempengaruhi hampir semua sistem pada tubuh, termasuk otak. Untuk saat ini penelitian yang mengaitkan antara vitamin D dengan migrain masih terus dilakukan, namun beberapa penelitian telah menemukan kaitan keduanya.

Penelitian yang dipresentasikan pada American headache Society menemukan bahwa 40 persen orang yang mengalami migrain memiliki tingkat vitamin D yang rendah. Orang yang kekurangan vitamin D juga diketahui mengalami migrain pada usia yang masih muda, seperti dilansir oleh Health Guides.

Pada penelitian lainnya dalam Journal of Headache Pain menunjukkan bahwa migrain lebih banyak dialami oleh orang yang tinggal di dataran tinggi. Hal ini kemungkinan terjadi pada migrain yang dipicu oleh cuaca dan kurangnya cahaya pada dataran tinggi.

Ilmuwan baru-baru ini menemukan bahwa beberapa bagian otak memiliki reseptor vitamin D dan enzim yang membantu mengubah vitamin D menjadi bentuk yang bisa digunakan oleh tubuh. Ini menjelaskan mengapa kekurangan vitamin D bisa berdampak pada otak dan menyebabkan sakit kepala, termasuk migrain.

Jika Anda sering mengalami migrain, selain mengetahui apa saja yang memicu migrain sebaiknya coba cek tingkat vitamin D Anda. Bisa jadi kekurangan vitamin D merupakan penyebab migrain yang dialami. Jika memang iya, mengonsumsi makanan yang kaya vitamin D bisa menjadi satu cara untuk menyembuhkan migrain Anda.(dil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*