Wabup Agam Ajak Masyarakat Kembali Hidupkan Maghrib Mengaji

Wakil Bupati Agam Irwan Fikri, saat mengunjungi mesjid Nurul Yaqin Jorong Sidang Tangah Kenagarian Matur Mudik Kecamatan Matur, Sabtu (5/7) malam.

Wakil Bupati Agam Irwan Fikri, saat mengunjungi mesjid Nurul Yaqin Jorong Sidang Tangah Kenagarian Matur Mudik Kecamatan Matur, Sabtu (5/7) malam.

Advertisements

Agam, PADANGTODAY.com – Tim Ramadhan yang dipimpin oleh Wakil Bupati Agam Irwan Fikri, Sabtu (5/7) malam mengunjungi mesjid Nurul Yaqin Jorong Sidang Tangah Kenagarian Matur Mudik Kecamatan Matur. Kedatangan Wakil Bupati Agam yang didampingi oleh beberapa kepala SKPD dilingkungan Pemerintahan Daerah Kabupaten Agam untuk menjalin silaturahmi dengan masyarakat Matur Mudik, sekaligus untuk mendengar langsung keluhan masyarakat yang telah dirasakan selama ini sehingga Pemkab Agam dapat berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik demi kemajuan Nagari Matur Mudik kedepannya.

M Nasri Sutan Maruhun yang merupakan salah seorang pengurus mesjid Nurul Yaqin dihadapan Tim Ramadhan Pemkab Agam mengatakan, bahwa Mesjid Nurul Yaqin ini pada tahun 2007 terkena dampak gempa bumi yang melanda Sumatera Barat, sehingga bangunan mesjid mengalami retak dan harus di renovasi total. Dengan bantuan swadaya masyarakat dan perantau, maka pada tahun 2008 mulailah di renovasi kembali mesjid tersebut hingga sekarang bangunannya sudah mencapai 60% siap.

Untuk itu M Nasri mewakili masyarakat Matur Mudik sangat mengharapkan adanya bantuan dari Pemerintah Kabupaten Agam dalam pembangunan Mesjid Nurul Yaqin, karena pengurus mesjid tidak pernah meminta sumbangan pembangunan mesjid di jalanan dan hanya meminta sumbangan kepada masyarakat ,perantau dan unsur pemerintahan daerah di Kabupaten Agam.

Sementara itu, Wakil Bupati Agam Irwan Fikri sangat berterima kasih kepada masyarakat Matur mudik dan perantaunya yang telah membangun mesjid hingga hampir selesai melalui swadaya masyarakat. Hal ini sangat membantu visi kabupaten Agam menjadikan masyarakat Agam yang religius dengan berbagai program yang telah di galakkan oleh pemerintah daerah, diantaranya thaharah mesjid, Maghrib mengaji dan berbagai program keagamaan lainnya.

Sementara untuk bantuan pembangunan Mesjid, Irwan Fikri mengatakan bahwa pengurus mesjid dapat memasukkan proposal bantuan kepada perorangan pejabat Agam, apabila mereka ada rizki yang berlebih maka Insya Allah akan dibantu. Pada kesempatan tersebut, Wabup juga menyerahkan bantuan senilai Rp 5 juta untuk membantu pembangunan mesjid Nurul Yaqin.

Selain itu, Wakil Bupati Agam irwan Fikri juga mengajak masyarakat untuk kembali menghidupkan maghrib mengaji di rumah-rumah masyarakat, para orang tua mengajak anaknya untuk mengaji bersama dan meninggalkan kebiasaan menonton televisi pada saat maghrib , karena saat ini tontonan di televisi banyak yang tidak mendidik, serta dapat merusak moral generasi muda dengan tayangan yang bertentangan dengan ajaran Islam seperti sinetron-sinetron yang bertolak belakang dengan budaya kita di Sumatera Barat.

Untuk itu Irwan Fikri mengajak masyarakat untuk memanfaatka waktu sesudah magrib dengan mengaji dan memperdalam ilmu agama, sehingga generasi muda kita dapat terhindar dari degradasi moral akibat pengaruh negatif dari arus globalisasi. (martunis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*