Wabup Asyirwan Yunus Musrenbang Kecamatan Harau

Pembukaan Musrenbang Kecamatan Harau.(f-ogi)

Pembukaan Musrenbang Kecamatan Harau.(f-ogi)

Limapuluh Kota, PADANGTODAY.com-Wakil Bupati Limapuluh Kota Asyirwan Yunus menyampaikan bahwa dukungan dan peran aktif dari seluruh stakeholder sangat diperlukan dalam upaya meningkatkan kualitas hasil dari Musrenbang itu sendiri. ”Dihasilkan perencanaan pembangunan yang benar-benar efektif dan tepat sasaran, serta mampu mengakomodir seluruh kebutuhan masyarakat yang paling prioritas dan mendesak,” ujar Asyirwan Yunus.

Drs H Asyirwan Yunus MSi, membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan tahun 2015 Kecamatan Harau di gedung serba guna BP4K Kabupaten Limapuluh Kota di kawasan Tanjung Pati, Rabu (4/2). Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Limapuluh Kota Ir Amran, MSi, Camat Harau Deki Yusman SSTP, Wali Nagari se-Kecamatan Harau, anggota Bamus Kecamatan Harau dan SKPD terkait.

Asyirwan Yunus memaparkan beberapa isu strategis yang perlu mendapatkan perhatian, khususnya dalam penyusunan perencanaan pembangunan di antaranya, peningkatan pelayanan kesehatan, pendidikan, perekonomian masyarakat pada semua sektor, pengembangan infrastruktur dan penataan pembangunan di Kabupaten Limapuluh Kota.

“Kita ketahui beberapa nagari di Kecamatan Harau merupakan bagian dari ibukota kabupaten, maka sangat diperlukan penataan pembangunan serta reformasi pelayanan birokrasi yang bersih, mudah, cepat, adil dan ramah,” imbuh Asyirwan.

Libatkan Kepentingan

Sementara itu Kepala Bappeda Kabupaten Limapuluh Kota Ir.Amran, M.Si menyampaikan bahwa Musrenbang didefinisikan sebagai proses penyusunan tahapan-tahapan kegiatan yang melibatkan berbagai unsur pemangku kepentingan di dalamnya, untuk pemanfaaatan dan pengalokasian sumber daya yang ada dalam rangka meningkatkan kesejahteraan sosial dalam suatu lingkungan wilayah/daerah dalam jangka waktu tertentu.

“Karena perencanaan pembangunan disusun berdasarkan jangka/waktu, maka daerah wajib menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah Jangka Pendek (RKPD),” kata Amran.

Sebelumnya Camat Harau Deki Yusman, SSTP melaporkan bahwa Kecamatan Harau mempunyai nagari terbanyak diantara kecamatan lain yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota.

“Sesuai dengan Musrenbang Nagari beberapa hari yang lalu, telah dirangkum usulan dari masing-masing nagari lebih kurang 60 buah usulan, nantinya akan ditindaklanjuti sesuai dengan prioritasnya,” lapor Deki, Camat Terbaik di Limapuluh Kota ini.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas