Wabup Lepas 301 Petugas Sensus Ekonomi 2016, Hasilnya Tentukan Keberhasilan Daerah

Sensus Ekonomi 2016 dilepas Wabup Ferizal Ridwan

Sensus Ekonomi 2016 dilepas Wabup Ferizal Ridwan

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Profesionalitas dan kinerja para petugas Sensus Ekonomi (SE) 2016 dalam mengumpulkan data masyarakat di daerah mendapat perhatian khusus kepala daerah Limapuluh Kota. Hasil sensus bakal menjadi rujukan untuk menentukan tingkat keberhasilan pemerintah daerah, terutama dalam hal pencapaian hasil dan target kinerja.

Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan mengingatkan para pertugas sensus agar dapat mencari data yang akurat terkait kondisi kekinian ekonomi masyarakat di Limapuluh Kota. Sebab, sekecil apa pun hasil sensus yang dilaporkan Badan Pusat Statistik (BPS), akan menjadi rujukan bagi pemerintah daerah, dalam menjalankan program kegiatan.

“Kita berharap, para petugas sensus sudah mengusai seluruh aspek teknis dan bisa memberi pelayanan yang baik selama bertugas ke tengah masyatakat. Data yang dihimpun harus akurat dan sesuai dengan kondisi sebenarnya,” kata Wabup Ferizal Ridwan, saat melepas petugas Sensus Ekonomi (SE) 2016, halaman kantor bupati setempat, Rabu (27/4).

Pelepasan petugas SE 2016 ditandai pelepasan balon sensus oleh Wakil Bupati Ferizal Ridwan, diikuti Kepala BPS Limapuluh Kota, Heri Sulistio. Selain aspek teknis, dalam arahannya, Wabup menuntut para petugas sensus mampu bersikap ramah menyosialisasikan tugas-tugas mereka ke masyarakat.

Hasil SE 2016 ini, jelas Ferizal, tidak hanya dipergunakan pemerintah, tapi juga swasta dan kalangan akademisi. Hasil sensus menjadi basis dan indeks pembangunan kesejahteraan masyarakat. Adapun Heri Sulistio, juga mengingatkan, para peserta dapat menjaga sikap profesionalitasnya dalam bekerja.

Heri melaporkan, sebelumnya BPS sudah memberi pelatihan kepada 301 Petugas Listing Sensus Ekonomi 2016. Para petugas ini terdiri dari 221 Pencacah Sensus Lengkap (PCL) dan 80 Pemeriksa Sensus Lapangan (PML). Sensus ini, akan menyasar semua tempat usaha masyarakat, mulai dari usaha mikro kecil, sedang dan menengah.

“Yang jelas, kita akan terus memantau serta mendampingi para petugas SE 2016 ini bekerja di lapangan. Mereka sudah dibekali dengan kopetensi untuk meningkatkan profesionalitas untuk bekerja di lapangan,” pungkas Heri Sulistio.(rel/dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas