WAGUB: DATA STATISTIK 501.410 UMKM DI SUMBAR

 

 

Padang-today.com – Berdasarkan data statistik Sumatera Barat Jumlah UMKM sebanyak 501.410

“UMKM tersebut terdiri dari Mikro 423.280, pelaku usaha kecil 74.410, pelaku usaha menengah dan besar 3.720,”kata Wakil Gubernur Sumbar,Nasrul Abit.

Ia menjelaskan,dari kondisi ini terliaht bahwa Sumatera Barat didominasi oleh Usaha Mikro dan Kecil yang tentu menjadi program dan kebijakan kita untuk mengangkat ekonomi mereka.

“Kita berharap bagaimana UMKM ini memiliki  berbagai produk-produk inovatif dan unggulan,”ajaknya.

Bazar digelar Diperindag Sumbar dapat membantu pelaku UMKM dalam mempromisikan produknya.

“Dengan adanya 200 UMKM pada momen bazar ini,  bisa mempromosikan produk UMKM, sehingga kedepan bisa melakukab pengembangan produk, mengembangkan starteginya, dan juga pemasarannya,”jelas Nasrul Abit.

Nasrul Abit berharap, selain telah mendapat tempat bagi pelaku UMKM di Sumbar pada bazar tersebut, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah pembinaan.

Sementara itu kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumbar Zirma Yusri menjelaskan, pelaksanaan  pada Bazar Ramadan 2017 ini, ada sekitar 200 UMKM yang menjual berbagai jenis produk, seperti kuliner, kue, dan kerajinan.

“Bazar di lapangan Telkomel ini melibatkan sekitar 200 UMKM,”katanya.

Ia menjelaskan, adanya kerjasama IMA Chapter Padang tersebut, membuat peluang produk UMKM di Sumbar semakin mendapat tempat dan turut dibantu pemasarannya.

Bahkan, pada Bazar Ramadan 2017 itu IMA ditunjuk langsung menjadi panitia penyelenggarannya. Sehingga, pada produk-produk yang dijual di bazar tersebut benar-benar lengkap.

“Selain ada produk UMKM, pada bazar ini juga ada menjual mobil, tiket pesawat, dan juga booking hotel, serta penukaran uang baru. Jadi, selain tempatnya luas, bazar tahun ini benar-benar lengkap barang-barang yang dijualnya,” ujarnya.(der).

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*