Wagub Sumbar Dorong Optimalisasi Penerapan Teknolgi Tepat Guna

Muslim Kasim di lokasi perternakan.

Muslim Kasim di lokasi perternakan.

Advertisements

Padang, PADANGTODAY. COM -Wakil Gubernur Sumatera Barat, Muslim Kasim, Selasa (30/9) mengunjungi ke sentra peternakan di Sumatera Utara.

Pengalaman sebagai Bupati Padang Pariaman dua periode membuat kehadiran Muslim Kasim, Wagub Sumbar di Sumatera Utara berdampak ganda. Betapa tidak, ia menyempatkan diri melihat langsung inovasi dan teknologi tepat guna peralatan tempat makan ayam petelur.

“Wirausaha peternakan ayam petelur juga harus terus kita dorong. Termasuk itu, pengembangan inovasi dan teknologi tepat guna, saya pikir tempat pakan ayam yang semi otomatis akan sangat bermanfaat bagi masyarakat”, ungkapnya.

Berbagai diskusi juga dilontarkan Wagub Sumbar, Muslim Kasim kepada pengelela penternakan ayam petelur yang dikunjungi yakni di Binjai. Diantara yang menjadi fokus Wagub Muslim Kasim adalah terhadap pola menjaga kebersihan kandang, agar kebal dari penyakit yang disebabkan virus, dosis fvaksin yang tepat. Selain itu, juga melihat peternakan ayam petelus juga digabungkan dengan kolam ikan lele.

Kegiatan kunjungan Wagub Sumbar, Muslim Kasim ke peternakan ayam petelur di Binjai ini, berlangsung selama dua hari didampingi salah seorang Kabid Dinas Perindusrian dan Perdagangan dan Dinas Peternakan

Menurut Wagub, Pemprov Sumbar berupaya mendorong kebijakannya pemanfaat sumber daya lokal, mengembangkan kawasan sentra peternakan ayam, sapi/kerbau potong, mengembangkan penerapan teknologi tepat guna, meningkatkan produksi dan produktivitas masyarakatanya.

Wagub Berharap, dinas terkait ini dapat menyatukan visi, misi, dan persepsi untuk kelancaran pembangunan di sektor peternakan Provinsi Sumbar. Menurutnya, pembangunan peternakan dapat mencapai sasaran yang optimal dengan mewujudkan kemandirian produksi masyarakat. “Salah satu permasalahan Sumbar di sektor pertenakan dan pertanian adalah penerapan teknologi tepat guna. Penerapan teknologi harus maju,” imbuhnya.(can/gus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*