Wakil Gubernur Sumatera Barat Memperingati Peristiwa Situjuah Batur

wagub-mengalungkan-bungaFoto-bersama-Wagubwagub-menaburi-bungawagub-pidato

Advertisements

Limapuluhkota, PADANGTODAY.com-Wakil Gubernur datang memperingati Peristiwa Situjuah Batur yang ke-66 di Kabupaten Lima Puluh Kota. Bertempat di Lapangan Khatib Sulaiman Situjuah dilaksanakan upacara untuk memperingati peristiwa situjuah yang selalu dilaksanakan tiap tahunnya di Nagari Situjuah Batur. Upacara peringatan dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat yang bertindak sebagai Inspektur Upacara, Bupati Lima Puluh Kota, ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota dan Muspida serta Forkopimda Kabupaten Lima Puluh Kota, dan juga dihadiri oleh para veteran sang pejuang peristiwa situjuah.

Upacara ini dilaksanakan tepat mengenang 66 tahun peristiwa situjuah yaitu pada tahun 15 Januari 1949 sampai 15 januari 2015. Upacara yang dimulai pada pukul 09.30 WIB dengan seluruh peserta upacara sudah berada di lapangan Khatib Sulaiman Situjuah.

Peristiwa Situjuah merupakan peristiwa nasional yang terjadi pada tanggal 15 Januari 1949, dimana selama ini hanya dipahami sebagai sejarah local Sumatera Barat, padahal merupakan rangkaian sejarah yang sangat penting untuk berdirinya Negara Republik Indonesia. Peristiwa Situjuah sebagai mata rantai dari Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Sumatera Tengah, merupakan peristiwa yang amat pahit, dimana telah terjadi penyerangan oleh pasukan penjajah belanda ke Koto Tinggi tempat berlangsungnya rapat para Pejuang Kemerdekaan Indonesia.

Wakil Gubernur Sumatera Barat menyampaikan bahwa perisitwa situjuah ini sangat berharga dan merupakan milik sumatera barat, seharusnya kita bangga menjadi rakyat dari para pejuang pemerintahan Indonesia.
“Peristiwa ini memiliki makna yang sangat penting serta dapat menjadi inspirasi dan spirit bagi kesadaran kolektif oleh anak bangsa atas nilai-nilai kejuangan, nilai heroic dan patriotism dalam meningkatkan ketahanan dalam hidup berbangsa dan bernegara”, tambah nya.

Upacara peringatan peristiwa situjuah ini berlangsung dengan sangat khidmat dan tenang, dan setelah selesai dirangkaikan dengan kegiatan Ziarah ke Makam Pahlawan Peristiwa Situjuah. Wakil Gubernur Sumatera Barat menaburkan bunga ke makam pahlawan tersebut sebagai simbol penghargaan bagi para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan saat ini. Selanjutnya juga dilaksanakan kegiatan tabur benih ikan di Tabek Gadang Nagari Ladang Laweh. Pada kegiatan tabur benih ikan tersebut , Wakil Gubernur dan Bupati Lima Puluh Kota menabur sebanyak 1000 benih ikan nila nirwana. (dil/rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*