Wakil Walikota Jadi IRUP HBN 2014

Wakil Walikota Payakumbuh membacakan sambutan tertulis presiden RI.

Wakil Walikota Payakumbuh membacakan sambutan tertulis presiden RI.

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Upacara Hari Bela Negara tahun 2014 yang berlangsung hikmat dilaksanakan di Halaman Balaikota Bukik Sibaluik. Jumat (19/12) diikuti ratusan peserta yang terdiri dari utusan Batalyon 131 BRS, Zipur, Polresta Payakumbuh, serta PNS dan Siswa se Kota Payakumbuh. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Wakil Walikota Payakumbuh Suwandel Muchtar yang berkesempatan membacakan Sambutan tertulis Presiden RI Joko Widodo.Turut hadir dalam upacara pimpinan TNI dan Kepolisian di Kota Payakumbuh serta anggota DPRD dan Pimpinan SKPD.

Dalam sambutan tertulis tersebut Presiden RI mengingatkan kembali sejarah 66 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 19 Desember 1948, atas prakarsa Mr. Sjarifoedin Prawiranegara, dibentuk Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Sumatera Barat. Langkah tersebut merupakan salah satu upaya untuk menyelamatkan kelangsungan hidup negara sekaligus menunjukkan kepada dunia bahwa negara Indonesia masih eksis.

Presiden juga mengajak seluruh rakyat indonesia belajar dari sejarah perjuangan bangsa untuk menatap masa depan. Saat ini , tantangan dan ancaman terhadap kedaulatan bangsa sifatnya multi dimensi. Artinya ancaman tidak lagi bersifat konvensional atau fisik semata akan tetapi sudah berkembang baik fisik maupun non fisik.

Ditambahkannya upaya kita melawan ancaman kemiskinan, keterbelakangan dan ketertinggalan adalah upaya bela negara. Negara ini akan menjadi kokoh dan besar ketika bisa memberikan kemakmuran dan kesejahteraan bersama, selain itu ancaman atas kedaulatan kita muncul dari tindak pidana kejahatan luar biasa, yaitu korupsi.

Dalam upacara tersebut juga dilakukan hening cipta guna mengenang pahlawan dang menyanyikan lagu mars bela negara serta pembacaan ikrar bela negara yang diikuti seluruh peserta upacara. Dimana dalam ikrar tersebut berisi kebulatan tekad bersama untuk membela negara dengan sepenuh jiwa dan raga.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas