Wakil Walikota Lepas Rahmi Pemuda Pelopor Sumbar Ke Jakarta

Rahmi, Pemuda Pelopor Sumbar asal Payakumbuh diapit Walikota Riza Falepi dan Ketua DPRD Dt. Parmato Alam, Kadisparpora Syahnadel, untuk penilaian pemuda pelopor tingkat nasional di Jakarta.

Rahmi, Pemuda Pelopor Sumbar asal Payakumbuh diapit Walikota Riza Falepi dan Ketua DPRD Dt. Parmato Alam, Kadisparpora Syahnadel, untuk penilaian pemuda pelopor tingkat nasional di Jakarta.

Advertisements

PAYAKUMBUH, PADANGTODAY.com-Walikota dan Ketua DPRD bangga. Rahmi, yang Pemuda Pelopor Terbaik Sumbar asal Kota Payakumbuh itu akhirnya mereka lepas untuk berjuang di tingkat nasional

Walikota Riza Falepi dan Ketua DPRD YB Dt Parmato Alam, melepas Rahmi secara resmi di Medan nan Bapaneh, di halaman Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga Payakumbuh, Minggu (19/10). Rahmi berangkat ke Jakarta, untuk ikut dalam penilaian Pemuda Pelopor Tingkat Nasional 2014, 20-22 Oktober.

Dalam penilaian Pemuda Pelopor Nasional itu, Rahmi akan bertarung dengan lima peserta lainnya, dari Sumatera Selatan, Yogyakarta, Bali dan Nusa Tenggara Barat.

”Saat ini, untuk kategori ketahanan pangan, Rahmi sudah masuk nominasi lima besar,” sebut Kadisparpora Payakumbuh Syahnadel Khairi, Senin (20/10).

Walikota Payakumbuh Riza Falepi dan Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam, berharap, agar Rahmi memanfaatkan peluang ini untuk memperlihatkan eksistensi dirinya sebagai pemuda pelopor terbaik di Sumatera Barat.

Menurut walikota, jika Rahmi mampu menjadi yang terbaik nasional, tidak saja akan mengharumkan nama Sumatera Barat dan Payakumbuh di pentas nasional, tapi akan memberi dampak postif terhadap usaha yang dijalani Rahmi, sebagai pelaku industri UKM.

Dalam penilaian di Jakarta nanti, Rahmi didampingi Kadisparpora Payakumbuh Syahnadel Khairi, Kabid Pemuda dan Olahraga H. Firdaus dan Kasi Kepemudaan, Hj. Yuliar.

Menurut Syahnadel, Rahmi merupakan pelaku usaha ekonomi mikro, mengolah ikan tuna menjadi makanan spesifik Payakumbuh. Ibu rumah tangga ini, merupakan anggota Pokdakan Arrahman Kelurahan Talang, Kecamatan Payakumbuh Barat.

Rahmi punya inovasi dalam mengembangkan dunia usaha rumah tangga dan kelompok usaha, dengan omset yang cukup lumayan besar.

Ibu rumah tangga yang masih belum punya momongan ini, mengolah ikan tuna menjadi makan bergizi berupa nuget, batagor dan bakso serta kerupuk ikan.

Omset makanan olahan Rahmi sekali buat nilainya mencapai Rp700 ribu. Rahmi menginspirasi banyak ibu-ibu rumah tangga di Talang, untuk membuka usaha yang sama. Soal bahan baku Rahmi tak cemas, karena mendapatkan ikan tuna lewat Pasar Ikan Padang tidaklah sulit.

Menurut Ketua Tim Penilai Pusat, Imam Pituduh, ketika berkunjung ke lokasi tempat usaha kelompok dan keluarga yang dikelola Rahmi, makanan olahan Rahmi, tidak kalah dengan industri makanan swasta nasional. Tinggal lagi, bagaimana SKPD terkait mendorong kelompok untuk membuat packaging yang lebih baik, sehingga diterima oleh pemilik pasar modern, seperti mal dan supermarket.(malin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*