Wako Fadly Amran Berikan Orasi Ilmiah Pada Wisudawan UNP

Padang—Mengangkat tema “Peluang dan Tantangan Alumni Perguruan Tinggi dalam Memasuki Dunia Kerja”, Wali Kota Padangpanjang Fadly Amran BBA Datuak Paduko Malano meminta generasi muda harus berdaya saing.

Wako Fadly dalam orasinya menyebut sebagai generasi terdidik yang telah menyelesaikan pendidikan di Perguruan Tinggi, mendapatkan pekerjaan merupakan menjadi cita-cita dan tujuan para lulusan. Hal ini seiring dengan ketatnya persaingan pada perkembangan zaman yang telah masuk era revolusi industri 4.0.

“Setelah lulus, tentu memiliki pekerjaan merupakan suatu cita-cita dan harapan. Apa lagi dengan sulitnya mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan strata akademik pada era revolusi industry sekarang ini,” tutur Wako Fadly Amran di depan wisudawan Universitas Negeri Padang (UNP) Padang ke-115 di Auditorium kampus setempat, Minggu (23/6) ini.

Fadly juga mengatakan, di zaman sekarang ini, para pemuda dan pemudi harus mampu berkontribusi dan bersaing demi meraih prestasi. Pertarungan di era bonus demografi dan revolusi industry 4.0, menuntut generasi terdidik lebih mengeksplor kemampuan dan kreativitas untuk memenangkan peluang persaingan yang sangat sempit.

“Sekarang ini, kita tidak hanya dituntut untuk selalu mengandalkan pendidikan yang didapatkan dari bangku pendidikan formal. Status akademik yang kita miliki setelah menamatkan pendidikan, belum menjamin bekerja sesuai keahlian. Karena itu sangat tergantung pada tingkat kemampuan individu dalam persaingan,” ujar Fadly.

Tidak hanya itu, Fadly Amran juga menyebutkan bahwa lulusan kali ini tentu merupakan lulusan terbaik yang telah memiliki potensi luar biasa dan siap bersaing secara global. “Maka dari itu saya tegaskan, jangan menunggu untuk mendapatkan pekerjaan. Tetapi carilah peluang, dimana kita bisa meraih kesuksesan,” tegasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas