Wako : IKM Bisa Manfaatkan Rumah Kemasan untuk Tingkatkan Mutu

Padangpanjang, padangtoday – Pemerintah Kota Padang Panjang, selalu berusaha meningkatkan pendapatan masyarakatnya. Salah satu upaya yang dilakukan, adalah dengan cara mendorong kalangan IKM (Industri Kecil Menengah) untuk mempercantik kemasan produk yang mereka hasilkan.

Advertisements

“Untuk membantu masyarakat membuat kemasan yang bagus, kita telah menyediakan Rumah Kemasan (packaging house) yang dapat dimanfaatkan IKM dalam hal pengemasan produk,” kata Walikota Padang Panjang Hendri Arnis yang disampaikan Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan, Arpan.

Disebutkan, pendirian rumah kemasan ini berasal dari bantuan Kementerian Perindustrian RI berupa mesin cetak digital, komputer, printer, scaner dan mesin sealer. Sedangkan peralatan pendukung serta bahan baku dan jasa tenaga ahli desain dianggarkan APBD.

Dengan adanya rumah kemasan ini, Walikota berharap IKM Padang Panjang bisa meningkatkan daya saing di era perdagangan bebas ASEAN dalam hal mutu kemasan.

“Sekarang ini Padang Panjang merupakan sentra industri makanan ringan di Sumateta Barat yang telah menjadi pemasok pusat oleh oleh yang ada di Kota Padang, Bukittinggi dan Pekanbaru, sebab itu kita mesti meningkatkan mutu kemasan,” katanya.

Dalam pemanfaatan mesin kemasan ini, Arpan mengatakan, layanan diberikan secara gratis bagi IKM Padang Panjang. Jika ada keraguan silahkan hubungi Kantor Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Jl. Sutan Syahrir No. 124 Silaing Bawah. Telp. 0752 82243 atau bisa juga datang ke Pondok Promosi dan Desain Jl. Kamarullah, Bukit Surungan, Padang Panjang.  (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*