Wako: Jangan Rusak Demokrasi Di Payakumbuh Dengan Politik Uang

 

    Padang-today.com – Walikota Payakumbuh,  Riza Pahlevi menghimbau masyarakat Payakumbuh jangan merusak demokrasi dengan politik uang pada Pemilu 2019.

“Jangan coba-coba main politik uang, masyarakat hindari politik uang, bila ini terjadi pesta demokrasi akan rusak di Payakumbuh,”kata Riza Pahlevi ketika dihubungi.

Bawaslu sekarang ini mata dan telingnya tajam dalam mengawasi pesta demokrasi. “Mereka bekerja cukup bagus dalam pengawasan penyelenggaraan pemilu,”pungkas Riza.

Ia menyatakan, masyarakat jangan hanya tergiur dengan praktik-praktik yang bisa mencederai semangat demokrasi saat ini, seperti politik uang.

    “Jangan hanya tergiur pada materi sesaat, sedangkan kepentingan rakyat nantinya yang akan dikorbankan. Termasuk juga dengan caleg maupun tim sukses pasangan capres-cawapres jangan memberikan janji apalagi uang kepada masyarakat,”kata dia.

   Bila hal ini terjadi, penerima maupun pemberi uang akan sama-sama mendapatkan sangsi hukuman pidana. “Hal ini akan merugikan diri, uang diterima tidak seberapa, kita ditahan karena diduga terlibat politik uang,”pungkas Riza.

    Riza menambahkan, Pemilu 2019 di Payakumbuh harus berjalan dengan baik dan berkualitas, politik uang harus disikapi dengan tegas, tidak boleh dibiarkan.

    “Pemilu di Payakumbuh harus bersih, jujur dan adil,”tegas dia.

    Ketua Bawaslu Payakumbuh, Muhammad Khadafi menyatakan, politik uang biasanya terjadi di saat masa hari tenang. Dan waktunya bervariasi tergantung dengan situasi dan kondisi.

   “Agar Caleg tidak memainkan politik uang, karena Bawaslu membentuk tim sampai ke tingkat desa. Bila ditemukan adanya politik uang dilakukan Caleg, Bawaslu akan mendiskualifikasi calon tersebut,”kata dia.(dg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas