Wako Padang Panjang Hendri Arnis: Momentum Idul Fitri Mari Kita Tingkatkan Kebersamaan

Padangpanjang, Padang-today – Shalat Idul Fitri di Lapangan Anas Karim, Kota Padang Panjang, Rabu, (6/7), warga Padang Panjang tumpah ruah. Hadir pada kesempatan itu Ketua DPRD Asri Kasuma, Kakan Kemenag yang juga Ketua MUI Padang Panjang Alizar Chan, Forkopinda dan sejumlah pejabat serta tokoh adat dan tokoh masyarakat setempat.

Advertisements

Dalam sambutannya Wako Hendri Arnis berterimakasih pada Keluarga Besar Ikapabasko (Ikatan Keluarga Padang Panjang dan Batipuah Sapuluah Koto) yang sengaja pulang kampung berlebaran. Sudah menjadi tradisi bagi Ikapabasko selama ini untuk Shalat Idul Fitri di Padang Panjang. Kehadiran mereka juga ditunggu pedagang untuk berbelanja di kota sejuk itu.

Wako juga menyampaikan salam kepada sanak saudara yang belum sempat pulang kampung. “Semua ada hikmahnya. Semoga lain kali kita bisa bersama sama di Padang Panjang ini,” katanya.

Disebutkan Hendri, pada hari yang fitri ini, mari kita saling memaafkan. Dan kita bersihkan diri kita dari noda dan dosa. Jauhkan sifat sifat biruk seperti iri, dengki, adu domba, finah yang membuat jiwa menjadi kotor.

“Mari kita bina rasa kasih sayang, meningkatkan rasa persaudaraan demi mencapai masa depan Padang Panjang yang aman dan sejahtera,” kata Wako.

Disebutkan, kini Padang Panjang sedang membangun pasar dalam tahun jamak 2016 / 2017. Begitu juga dengan pembangunan Islamic Center yang juga dibangun dalam tahun yang sama.

“Islamic Center ini perlu kita wujudkan untuk mengembalikan marwah Padang Panjang sebagai kota kelahiran para ulama ulama di nusantara ini,” katanya.

Pada kesempatan itui Wako juga mengundang hadirin untuk datang ke Gedung M Syafii mencicipi hidangan yang telah disediakan.

Di akhir sambutannya, Wako berterimakasih pada PHBI (Panitia Hari Besar Islam) Padang Panjang yang telah mempersiapkan acara dalam waktu singkat dan cepat. Terimakasih serupa juga diberikan kepada semua pihak yang berpartisipasi demi terselenggaranya acara.

Sementara itu, Ketua MUI Padang Panjang Buya H. Alizar Chan dalam sambutannya menekankan pentingnya pembinaan akhlak remaja pada saat ini.

Dia mengatakan, remaja masjid kota Serambi Mekkah di tahun 1980 an terbanyak dan terbaik di Sumatera Barat. Kini, kata Alizar Chan, Remaja Masjid Kota Padang Panjang kembali bergiat setelah ada kerjasama semua pihak.

Hari Sabtu, minggu kedua setiap bulannya, Remaja Masjid mendatangkan remaja remaja kota Padang Panjang masuk masjid sebelum zuhur hingga setelah asar. “Itulah saat mereka berjumpa di masjid sambil menuntut ilmu bersama sama,” sebutnya.

Disebutkan pula, bahwa mulai hari ini, setiap hari keagamaan akan diisi pondok pesantren yang ada di Padang Panjang sendiri.

“Atas anjuran Bapak Walikota, mulai hari ini pondok pesantren yang ada di Padang Panjang diberdayakan untuk mengisi khatib dan imam dalam shalat id. Untuk penyelenggaraan Idul Fitri tahun ini, sesuai musyawarah diisi oleh Thawalib Padang Panjang dan Thawalib Gunung untuk menjadi khatib dan imam,” katanya.

Dikatakan, Buya Arqam Marzuki yang menjadi khatib, adalah pengurus Thawalib Padang Panjang yang berdomisili di Duri, Riau. Sementara yang menjadi imam Azwir Datuk Panjang, adalah pengurus Thawalib Gunung yang juga Ketua Baznas Padang Panjang. (Rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*